ANALISIS PENYUSUNAN ANGGARAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN BAGI MANAJER PENJUALAN PADA PT. EASTERNTEX PANDAAN

ERIESTA PUSPITA SARI

Abstract


Dalam era globlalisasi saat ini persaingan dibidang bisnis semakin ketat, sehingga setiap manajemen dituntut untuk mampu menggunakan sumber daya yang ada agar dapat di pasaran.
Penyusunan anggaran merupakan dasar yang digunakan oleh manajer dalam pelaksanaan kegiatan dalam perusahaan sehingga dapat menghasilkan kegiatan sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Anggaran yang disusun dengan baik dapat membantuk manajemen dalam merencanakan segala sumber daya yang ada sehingga dapat digunakan secara efisien serta dapat membantu mengendalikan akitvitas dan memotivasi karyawan dalam pencapaian tujuan perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif pada PT. Easterntex Pandaan dengan judul ?Analisis Penyusunan Anggaran Penjualan sebagai Dasar Pengambilan Keputusan bagi Manajer Penjualan pada PT. Easterntex Pandaan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji penyusunan anggaran penjualan di PT. Easterntex Pandaan. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis penyusunan anggaran yang meliputi mengidentifikasi jumlah jenis produk perusahaan, mengidentifikasi daerah pemasaran, penyusunan anggaran penjualan (bulanan, triwulan dan semester) dan analisis penetapan dasar anggaran penjualan.
Hasil pengujian pada PT. Easterntex Pandaan khususnya pada departemen weaving menunjukkan bahwa penyusunan anggaran penjualan sudah baik terbukti selama periode 2000 sampai 2003 perusahaan mampu memprediksi anggaran sebesar 82,90 % dari anggaran yang diajukan. Dengan demikian anggaran yang disusun cukup representative dan mencerminkan kondisi pasar sesungguhnya. Selain itu dalam penyusunan anggaran penjualan, departemen penjualan mengasumsikan kondisi intern dan ekstern perusahaan dapat dikendalikan oleh perusahaan sehingga tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada penyusunan anggaran penjualan tahun 2004.

 

Keyword : Penyusunan anggaran penjualan

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/65/jiptummpp-gdl-s1-2005-eriestapus-3237-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Penyusunan anggaran penjualan