ANALISIS PROFITABILITAS SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MENILAI PRESTASI MANAJEMEN PADA PT. DJAJASAKTI SARI MALANG

Andriana Suryaningrum

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan rokok dan rajang tembakau PT. Djajasakti Sari Malang dengan judul ?Analisis Profitabilitas Sebagai Alternatif Untuk Menilai Prestasi Manajemen pada PT. Djajasakti Sari Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan analisis profitabilitas sebagai alternatif untuk menilai prestasi manajemen yang telah dijalankan oleh perusahaan.
Alat analisis yang digunakan untuk menilai prestasi manajemen perusahaan dengan menggunakan analisis rasio keuangan yaitu analisis profitabilitas yang terdiri dari Gross Profit Margin (GPM), Margin Laba Operasi Bersih (MLOB), Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI), dan Return On Equity (ROE).
Hasil perhitungan rasio profitabilitas dengan menggunakan GPM, MLOB, NPM, ROI, dan ROE mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Rasio GPM terbesar terjadi di tahun 2000 sebesar 73.82%. Begitu juga dengan rasio MLOB terbesar terjadi di tahun 2000 sebesar 67.32%. Rasio NPM juga sama, terbesar terjadi di tahun 2000 yaitu 18.00%. Sedangkan untuk rasio ROI dan ROE, rasio terbesar juga terjadi di tahun 2000 yang berturut-turut sebesar 8.02%(ROI) dan 44.15% (ROE). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi manajemen yang terbaik terjadi di tahun 2000 dimana perusahaan telah mampu menghasilkan laba yang cukup tinggi yang ditunjukkan dengan adanya nilai rasio yang besar pada tahun 2000.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Tembakau Djajasakti Sari Malang lebih meningkatkan volume penjualannya pada tingkat harga yang tepat sehingga tidak mengurangi permintaan tetap mempertahankan efisiensi biaya.

 

Keyword : Analisis profitabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/49/jiptummpp-gdl-s1-2005-andrianasu-2424-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Analisis profitabilitas