PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA BIDANG PENUNJANG MEDIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. R SOEDARSONO PASURUAN

WIJI LESTARI

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana RSUD Dr.R.Soedarsono Pasuruan dalam melakukan pengendalian biaya dan untuk mengetahui kemungkinan diterapkannya akuntansi pertanggungjawaban pada RSUD Dr.R.Soedarsono Pasuruan.
Alat analisis yang digunakan untuk memperoleh deskripsi penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam pengendalian biaya, khususnya biaya yang ada pada suatu unit dalam organisasi nirlaba menggunakan analisis terhadap kondisi sistem pengendalian biaya ditinjau dari lima syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban, yaitu penerapan struktur organisasi yang menetapkan secara tegas wewenang dan tanggung jawab tiap tingkatan manajemen serta terdapat desentralisasi wewenang didalamnya, anggaran beban yang disusun menurut pusat-pusat pertanggungjawaban, penerapan atas biaya terkendali dan biaya tidak terkendali, penerapan sistem pengkodean rekening yang sesuai dengan struktur organisasi, serta penerapan sistem pelaporan biaya pada manajer yang bertanggungjawab.
Hasil penelitian dengan menganalisis lima syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban tersebut, menunjukkan fungsi pengawasan dan pengendalian biaya belum berjalan dengan baik sebab ada syarat penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang belum diterapkan dengan baik.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa akuntansi pertanggungjawaban dapat menjadi sebuah alat perencanaan dan pengendalian biaya pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr.R.Soedarsono Pasuruan.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat memberi saran bahwa untuk penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan baik, kelima syarat tersebut harus dipenuhi sehingga perencanaan, pengawasan dan pengendalian biaya bisa dilakukan dengan cermat.

 

Keyword : Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/62/jiptummpp-gdl-s1-2005-wijilestar-3060-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban