EVALUASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENILAI EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN MAKANAN TERNAK JAYA ABADI BLITAR

LILIS SUMARTININGSIH

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan makanan ternak Jaya Abadi dengan judul ?Evaluasi Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi Untuk Menilai Efisiensi Biaya Produksi Pada Perusahaan Makanan Ternak Jaya Abadi Blitar?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pengendalian biaya produksi yang ada di PMT Jaya Abadi sudah efisien atau belum dalam pelaksanaannya, mengingat bagian produksi merupakan pusat biaya.
Dalam penelitian ini untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan metode yang tidak dapat diukur dengan menggunakan angka secara langsung melainkan dibahas secara logika dalam mengungkapkan jawaban atas suatu permasalahan, sedangkan analisis kuantitatif merupakan metode yang dalam pengukurannya menggunakan angka. Untuk menganalisa data kuantitatif penulis menggunakan formula analisa varian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dan pengendalian biaya produksi yang diterapkan pada PMT Jaya Abadi adalah belum bisa menciptakan biaya produksi yang efisien. Hal ini dikarenakan pembuatan anggaran masih berdasar pada biaya produksi periode sebelumnya dan tidak meninjau ulang harga bahan baku dipasar. Sehingga dalam pelaksanaannya masih terdapat selisih antara anggaran dan realisasinya.
Untuk dapat meningkatkan efisiensi biaya produksi yang diharapkan sebaiknya perusahaan dalam penyusunan anggaran perlu adanya penyusunan budget partisipatif dan menggunakan prosedur serta formula?formula yang benar dalam menghitung biaya produksi yang dijadikan anggaran. Sehingga tujuan semula perusahaan dapat tercapai dan dapat tercipta suatu organisasi yang baik.

 

Keyword : Efisiensi Biaya Produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/66/jiptummpp-gdl-s1-2005-lilissumar-3284-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Efisiensi Biaya Produksi