EVALUASI PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PT KEMASAN CIPTATAMA SEMPURNA PANDAAN

HARYO ARIEF WICAKSONO

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT Kemasan Ciptatama Sempurna,yang berlokasi di Pandaan, Gempol Pasuruan. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang packing. Dalam peneltian ini peneliti mengambil judul Evaluasi Pengendalian Biaya pada PT Kemasan Ciptatama Sempurna Pandaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pengendalian biaya yang ada di perusahaan telah berjalan dengan baik, sehingga penyimpangan-penyimpangan biaya produksi dapat segera diketahui dan juga untuk mengetahui bahwa biaya produksi di perusahaan telah berjalan dengan efektif dan efisien sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.
Dalam melakukan penelitian alat yang digunakan untuk mengevaluasi biaya produksi adalah selisih atau varian, dimana dalam mengevaluasi biaya bahan baku dan biaya tenaga keja langsung menggunakan metode 2 selisih, sedangkan dalam mengevaluasi biaya overhead pabrik menggunakan metode 3 selisih
Dari evaluasi biaya produksi dapat diketahui bahwa terdapat beberapa penyimpangan yang bersifat merugikan, pada pemakaian bahan baku terdapat selisih sebesar Rp 381.442.345,8 yang merupakan selisih yang menguntungkan. Untuk harga bahan baku terdapat selisih yang merugikan sebesar Rp 890.294.624. Biaya tenaga kerja langsung terdapat selisih yang merugikan sebesar Rp 11.367.042. dalam mengevaluasi biaya overhead pabrik terdapat selisih pengeluaran sebesar Rp 163.963.998, selisih kapasitas sebesar 0, selisih efisiensi sebesar Rp 142.205.118.
Dari hasil pengevaluasian dapat diketahui bahwa perusahaan masih belum dapat melakukan pengendalian biaya produksinya dengan baik dan belum dapat mencapai target yang diharapkan, hal ini terlihat dari banyaknya penyimpangan yang bersifat tidak menguntungkan pada harga bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, khususnya biaya penyusutan mesin dan biaya pemeliharaan mesin.
Sehubungan dengan kesimpulan diatas maka, penulis dapat memberikan saran; diharapkan perusahaan melakukan penyaringan terhadap tenaga kerja yang masuk sehingga efisiensi tenaga kerja dapat dilakukan dengan baik dan teratur, pengawasan terhadap pemakain bahan baku dan pelaksanaan jam kerja lebih ditingkatkan agar pemborosan pemakain Bahan baku khususnya bahan baku medium dan jam kerja dapat dikurangi ( loss time), kebijaksanaan alokasi terhadap biaya overhead pabrik agar lebih diperhatikan sehingga biaya overhead pabrik tidak menyimpang terlalu besar dari anggaran.

 

Keyword : Evaluasi Pengendalian Biaya


Keywords


Evaluasi Pengendalian Biaya