PEMERIKSAAN MANAJEMEN ATAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN FUNGSI PERSONALIA PADA RSUD DR.SOEDOMO TRENGGALEK

Windy Daryati

Abstract



Penelitian ini merupakan studi kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soedomo dengan Judul ?Pemeriksaan Manajemen Atas Sistem Pengendalian Intern Fungsi Personalia Pada RSUD Dr.Soedomo Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Fungsi Personalia pada RSUD Dr.soedomo Trenggalek sudah efektif.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa tahap pemeriksaan manajemen yang antara lain usulan pengenalan, survey pendahuluan, penelaahan pendahuluan, pengujian yang rinci, telaah temuan audit, tahap pelaporan. Namun pada tahapan tersebut didalamnya difokuskan pada efektifitas Sistem Pengendalian Intern yang terdiri dari; analisis Struktur Organisasi, analisis sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memadai, analisis praktek-praktek yang sehat, dan analisis karyawan yang cakap.
Metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dimana dalam metode ini penulis menyajikan hasil penelitian sesuai gambaran apa adanya kemudian mengadakan analisa baik secara teoritis maupun pemikiran secara logis sehingga diperoleh pemecahannya.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat dikatakan jika pelaksanaan sistem pengendalian intern fungsi personalia pada RSUD dr.Soedomo Trenggalek belum efektif karena masih adanya kekurangan antara lain terdapatnya perangkapan tugas, perlunya kreasi terhadap sistem penghargaan serta perlu sedikit perhatian terhadap para karyawan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti merasa perlu menyampaikan beberapa saran, antara lain agar pihak Rumah Sakit melakukan rekonstruksi ulang terhadap struktur organisasi yang sesuai dengan job description, membuat kebijakan yang menyeluruh dalam upaya meningkatkan pendapatan karyawan supaya dapat menciptakan rasa aman dan nyaman dalam aktivitas kerja, dan terakhir mengembangkan secara kreatif sistem penghargaan yang telah ada sehingga mampu mendongkrak atau meningkatkan kualitas kerja karyawan untuk masa yang akan datang.

 

Keyword : RSUD Dr. Soedomo Trenggalek; Sistem Pengendalian Intern; Efektivitas; Manajemen; Karyawan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/66/jiptummpp-gdl-s1-2005-windydarya-3288-Pendahul-n.pdf


Keywords


RSUD Dr. Soedomo Trenggalek; Sistem Pengendalian Intern; Efektivitas; Manajemen; Karyawan