ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN UNTUK MENILAI EFISIENSI BAGIAN PRODUKSI ( STUDY KASUS PADA PR CEMPAKA TULUNGAGUNG )

Mujiatin Mujiatin

Abstract


Pada umumnya perusahaan memiliki tujuan yang sama yaitu mandapatkan keuntungan serta mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka panjang. Tujuan ini dapat tercapai, jika perusahaan dapat memanfaatkan sumber-sumber yang dimiliki oleh perusahaan secara omptimal dan mampu menghasilkan produk dengan biaya yang paling efisien dan mutu yang lebih unggul dari pada produk sainganya.
Penalitian yang dilakukan ini merupakan penelitian studi kasus pada perusahaan Rokok Cempaka Tulungagung dengan judul ?Analisis Sistem Pengendalian Intern untuk menilai efisiensi bagian produksi studi kasus pada Perusahaan Rokok Cempaka Tulungagung
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan melakukan perencanaan dan pengendalian biaya dan untuk mengetahui apakah biaya standar sudah benar-benar digunakan perusahaan untuk perencanaan dan pengendalian biaya produksi.
Alat analisis yang digunakan adalah analisis varians. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis perencanaan dan pengendalian biaya produksi yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik, dimana analisis yang dugunakan adalah analisis dua selisih.
Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa perusahaan mengalami sellisih yang merugikan. Hal ini dapat ditinjukkan, bahwa perusahaan telah menganggarkan biaya produksi sebesar Rp 556. 194. 145, sedangkan realisasinya sebesar Rp 566. 224. 995, jadi ada selisih rugi sebesar Rp 10. 030. 850. Untuk biaya bahan baku ada selisih rugi sebesar Rp 335. 000. untuk biaya tenaga kerja ada selisih rugi sebesar Rp 1. 040. 023,8. Untuk biaya overhead pabrik ada selisih rugi sebesar Rp 4. 432 233,8.
Dari hasil analisis diatas, Maka dapat disimdulka bahwa perusahaan belum bisa melakukan perencanaan dan pengendalian sacara baik. Hal ini dikarenakan ada beberapa kenaikan yang terjadi karena factor eksternal dimana perusahaan tidak bisa mengendalikanya.
Adapun saran yang dapat digunakan adalah dalam menentukan harga satandar perlu diperhatikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa yang datang. Guna tercapai efisiensi biaya produksi, maka dalam merecanakan biaya produksi perlu pengendalian yang maksimal.

 

Keyword : SPI


Keywords


SPI