PERENCANAAN PAJAK PENGHASILAN SEBAGAI USAHA PENGHEMATAN PAJAK TERUTANG YANG HARUS DIBAYAR (Studi Kasus Pada PO. Kramat Djati, Malang)

Ema Budi Astutik

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PO. Kramat Djati dengan judul ?Perencanaan Pajak Penghasilan Sebagai Usaha Penghematan Pajak Terutang Yang Harus Dibayar Pada PO. Kramat Djati, Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pajak yang ditanggung oleh perusahaan sebelum dan sesudah melakukan perencanaan pajak penghasilan serta untuk mengetahui permasalahan perpajakan yang dialami perusahaan dengan cara mencari pemecahan masalah berdasarkan teori Undang-Undang Perpajakan yang berlaku.
Perencanaan pajak penghasilan adalah strategi untuk memanfaatkan pengecualian-pengecualian yang diijinkan oleh UU No. 17 Tahun 2000 tentang pajak penghasilan. Sehingga dengan menekan biaya seminimal mungkin diharapkan perusahaan mampu mengatur kas keluar dan menghemat besarnya pajak penghasilan.
Secara garis besar penelitian ini mengamati unsur-unsur fleksibilitas biaya fiskal. Maksudnya adalah strategi agar biaya yang semula tidak dapat dikurangkan terhadap PhKP menjadi dapat untuk dikurangkan. Perbedaaan pengakuan biaya dan penghasilan antara akuntansi pajak dengan akuntansi komersial dapat digolongkan dalam beda waktu dan beda tetap.
Dari hasil analisis dengan adanya perencanaan pajak PO. Kramat Djati dapat menghemat pajaknya yaitu dengan cara meminimalkan atau menekan unsur-unsur biaya sehingga dapat melakukan penghematan kas keluar.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan bahwa perencanaan pajak dapat dihitung melalui biaya-biaya yang ada pada laaporan keuangan perusahaan dengan melakukan koreksi fiskal terhadap biaya-biaya yang dalam perpajakan tidak boleh dikurangkan terhadap PhKP. Sehingga dengan adanya penerapan perencanaan pajak akan meminimalkan pajak terutang dan menghemat kas keluar bagi perusahaan.

 


Keyword : Perencanaan; Pajak; Pajak Penghasilan


Keywords


Perencanaan; Pajak; Pajak Penghasilan