PENERAPAN PERENCANAAN PAJAK PENGHASILAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LAPORAN ARUS KAS PADA PG. KEBON AGUNG MALANG

Erma Julianti

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PG. Kebon Agung Malang dengan judul Penerapan Perencanaan Pajak Penghasilan Dan Pengaruhnya Terhadap Laporan Arus Kas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pajak yang ditanggung oleh perusahaan sebelum dan sesudah melakukan perencanaan pajak penghasilan, serta mengetahui permasalah perpajakan yang dialami perusahaan dengan cara mencari pemecahan masalah berdasarkan teori Undang- Undang Perpajakan yang berlaku.
Perencanaan pajak merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk meminimalkan besarnya pajak terutang yang harus dibayar oleh perusahaan. Sehingga perusahaan dapat menekan biaya seminimal mungkin atau dengan adanya perencanaan pajak yang baik perusahaan akan dapat mengatur aliran kas yang dimiliki oleh perusahaan.
Karena adanya perencanaan pajak, dapat meminimalkan atau mengurangi unsur-unsur biaya sehingga dapat melakukan penghematan kas keluar. Dimana besar kecilnya kas perusahaan dipengaruhi oleh kenaikan dan penurunan biaya-biaya pada laporan laba rugi dan neraca yang akan mempengaruhi beban pajak yang dibayar oleh perusahaan.
Penerapan perencanaan pajak berpengaruh dalam penetuan laba bersih setelah pajak yang akan mempengaruhi arus kas masuk maupun kas keluar perusahaan, baik untuk aktivitas operasi, investasi dan aktivitas pendanaan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan bahwa perencanaan pajak dapat dihitung melalui biaya-biaya yang ada pada laporan keuangan perusahaan dengan melakukan koreksi fiskal terhadap biaya-biaya yang dalam perpajakan tidak boleh dikurangkan terhadap PKP. Sehingga dengan adanya penerapan perencanaan pajak akan meminimalkan pajak terutang dan menghemat kas keluar bagi perusahaan.

 

Keyword : Pajak penghasilan; arus kas


Keywords


Pajak penghasilan; arus kas