PENGGUNAAN ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT SEBAGAI ALAT PERENCANAAN LABA PADA PT. PESONA REMAJA MALANG

Elly Widayanti

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Pesona Remaja Malang dengan judul ?Penggunaan Analysis Cost-Volume-Profit Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada PT. Pesona Remaja Malang?.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat analysis cost-volume-profit dalam perencanaan penjualan dan pengaruhnya terhadap tingkat laba yang ingin dicapai serta seberapa besar pengaruh perubahan elemen-elemen dalam analisis cost-volume-profit terhadap laba yang diinginkan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan cost-volume-profit sehubungan dengan besarnya penjualan dan tingkat laba yang telah ditargetkan serta bagaimana pengaruh perubahan elemen-elemen dalam analisis cost-volume-profit terhadap tingkat laba yang akan dicapai. Sedangkan dalam penggunaan analisis cost-volume-profit harus terlebih dulu dipisahkan antara biaya-biaya yang terjadi selama proses produksi menjadi biaya tetap dan biaya variabel dengan menggunakan metode least squere. Biaya-biaya yang termasuk dalam biaya tetap adalah biaya-biaya yang jumlahnya relative konstan selama periode tertentu dan tidak terpangaruh oleh volume produksi. Sedang biaya variabel adalah biaya yang jumlahnya berubah sesuai dengan volume produksi.
Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan matematis berdasarkan unit kuantitas dan rupiah serta menggunakan Analisa Margin Of Safety. Analisa ini memberikan informasi besarnya tingkat keamanan yang menunjukkan batas seberapa besar penjualan dapat turun tetapi perusahaan belum menderita rugi atau dalam keadaan impas. Untuk mengetahui besarnya rencana biaya tahun 2005 digunakan rumus dengan pendekatan trend.
Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa tingkat BEP perusahaan tahun 2005 adalah sebesar Rp 3.923.690.904 atau 59.744,0564 unit. Sedangkan tingkat Margin Of Safety perusahaan adalah sebesar 18,80 % atau Rp 908.460.208,2 dari penjualan yang telah direncanakan. Untuk mencapai laba 12 % yang ditargetkan, perusahaan harus menjual produk sebanyak 90.390,43694 unit atau sebesar Rp 5.936.391.216.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat menyarankan bahwa perencanaan laba jangka pendek sebaiknya PT. Pesona Remaja menggunakan analysis cost-volume-profit, yaitu untuk mengetahui perubahan laba yang akan dicapai apabila terjadi perubahan pada biya, volume penjualan dan harga jual. Disamping itu dalam menghitung BEP PT. Pesona Remaja Malang hendaknya mempertimbangkan adanya perubahan elemen-elemen dalam biaya-volume-laba.

 

Keyword : Analysis Cost-Volume-Profit; Perencanaan


Keywords


Analysis Cost-Volume-Profit; Perencanaan