SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PERSEDIAAN BAHAN BAKU KERTAS UNTUK MENGURANGI TERJADINYA INEFISIENSI PADA PERUSAHAAN PT. WANGSA JATRA LESTARI SOLO

Robi Widodo

Abstract


Salah satu pengendalian intern yang bisa dilakukan oleh perusahaan adalah memonitor persediaan (dalam hal ini adalah persediaan bahan baku kertas) sehingga diharapkan tujuan perusahaan akan tercapai, di mana dalam suatu bisnis biasanya mempunyai tujuan yang paling penting, yaitu profitabilitas atau kapasitas dalam menghasilkan laba.
Sistem pengendalian harus sesuai dengan tujuan pengendalian yang dinyatakan dalam kesibukan untuk selalu melihat, meneliti, dan menganalisis data yang telah ada. Menurut Antony dan Govindarajan (2000: 1), elemen-elemen dari sistem pengendalian meliputi:
a. Pelacak (detector) yaitu sebuah perangkat yang mengukur apa sesungguhnya terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan.
b. Penaksir (assesor) yaitu suatu perangkat yang menentukan signifikan dari peristiwa aktual.
c.Effektor yaitu suatu perangkat yang mengubah perilaku jika penaksir mengindikasikan kebutuhan yang perlu di penuhi.
d. Jaringan komunikasi yaitu perangkat yang meneruskan informasi antara detector dan assessor dan antara assessor dan effector
Sistem pengendalian intern akan selalu berada dan mempengaruhi semua kegiatan perusahaan, selain itu pengendalian intern dapat dipandang sebagai sistem sosial yang mempunyai wawasan makna khusus yang berada dalam suatu organisasi. Dimana fungsi dari pengendalian intern ini adalah untuk menilai sesuatu yang bebas dalam suatu organisasi guna menelaah atau mempelajari dan menilai kegiatan-kegiatan perusahaan guna memberi saran-saran kepada manajemen suatu perusahaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana perusahaan mengendalikan persediaan bahan baku kertas untuk mengurangi terjadinya inefisiensi persediaan bahan baku agar tujuan perusahaan dapat tercapai.
Tujuan dari pnelitian ini adalah:
a).Untuk mengetahui sejauh mana pentingnya pengendalian intern atas persediaan bahan baku berupa kertas roll pada PT Wangsa Jatra Lestari Solo.
b).Untuk mengetahui upaya-upaya dan kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh manajemen PT Wangsa Jatra Lestari Solo dalam mengendalikan persediaan bahan baku kertas sehingga dapat menekan terjadinya inefisiensi dalam bentuk kecurangan, pemborosan, kerusakan dan kerugian yang mengarah pada tercapainya tujuan perusahaan
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif yaitu suatu teknik pengelolaan data dengan menggunakan uraian kata-kata dan gambar yang nantinya akan dijadikan bahan untuk menganalisis arus persediaan bahan baku dan menggunakan metode EOQ
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sistem dan prosedur pengadaan bahan baku pada perusahaan PT. Wangsa Jatra Lestari telah diterapkan dengan cukup baik, sehingga tercipta adanya pengendalian intern yang cukup baik, namun dalam pengadaan persediaan bahan baku perusahaan menggunakan metode historis (melihat data periode sebelumnya), sehingga kurang tepat (kurang efisien).

 

Keyword : Pengendalian Bahan Baku


Keywords


Pengendalian Bahan Baku