HUBUNGAN RASIO LIKUIDITAS DAN RASIO LEVERAGE TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ-45

Endang Tutianah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ-45 dengan judul ?Hubungan Rasio Likuiditas dan Rasio Leverage Terhadap Dividen Payout Ratio Pada Perusahaan yang Terdaftar Dalam Indeks LQ-45?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bagaimana hubungan (korelasi) rasio likuiditas dan rasio leverage terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ-45.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis yaitu : bahwa rasio likuiditas dan rasio leverage mempunyai hubungan (korelasi) yang kuat terhadap dividen payout ratio.
Alat analisis yang digunakan untuk membuktikan hubungan (korelasi) rasio likuiditas dan rasio leverage terhadap dividen payout ratio menggunakan analisis korelasi.
Hasil perhitungan dengan alat analisis korelasi dapat diketahui bahwa hubungan (korelasi) antara rasio likuiditas dan rasio leverage terhadap dividen payout ratio sangat lemah karena nilai yang diperoleh dibawah 0,5 untuk rasio likuiditas diperoleh nilai korelasi sebesar ?0,80 dan rasio leverage sebesar ?0,148.
Dari hasil analisis korelasi tersabut sesuai dengan tolak ukur yang digunakan, maka rasio likuiditas dan rasio leverage mempunyai hubungan (korelasi) yang sangat lemah. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini ditolak karena tidak sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya perusahaan yang terdaftar dalam LQ-45 lebih baik bila dalam pembagian dividen payout ratio tidak terlalu terpengaruh terhadap QR dan DER karena kedua variabel itu tidak berpengaruh signifikan dalam hubungan (korelasi) dengan DPR.

 

Keyword : Hubungan Rasio

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/67/jiptummpp-gdl-s1-2005-endangtuti-3308-Pendahul-n.pdf


Keywords


Hubungan Rasio