ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK JAKARTA

Yeni Mutiarawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian explanatory (penjelasan) pada perusahaan makananan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek dengan judul ? Analisa Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama empat tahun terakhir dan untuk mengetahui perusahaan makanan dan minuman yang memiliki kinerja keungan paling bagus.
Alat analisis yang dipergunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan menggunakan metode analisa data Likuiditas, Leverage, Terdaftaritas dan Profitabilitas serta mencari pertumbuhan masing-masing perusahaan makanan dan minuman selama empat tahun periode, sedangkan untuk lebih jelas mengetahui perusahaan yang mempunyai kinerja yang bagus maka dicari rata-rata industri ketujuh perusahaan makanan dan minuman serta dibandingkan terhadap empat alat analisis yang dipergunakan oleh peneliti.
Hasil perhitungan dengan menggunakan keempat alat analisis tersebut adalah tingkat rasio Likuiditas QR terbaik adalah PT. Sari Husada Tbk, pada tingkat rasio Leverage terdapat tiga perusahaan yang mempunyai nilai diatas rata-rata industri yaitu PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Aqua Golden Missisipi Tbk dan PT. Ades Alfindo Tbk, sedangkan tingkat aktifitas rasio perusahaan yang berada diatas rata-rata industri ada empat perusahaan yaitu PT. Aqua Golden Missisipi Tbk, PT. Multi Bintang Indonesia Tbk, PT Sari Husada Tbk dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. yang terakhir yaitu pada tingkat profitabilitas perusahaan yang berada diatas rata-rata industri adalah PT. Sari Husada Tbk dan PT. Multi Bintang Indonesia Tbk. Pertumbuhan usaha yang semakin meningkat pada tahun penelitian adalah PT. Sari Husada Tbk.
Dari hasil analisis keempat rasio keuangan maka dapat diketahui bahwa perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta mempunyai kinerja keuangan yang kurang efektif dan efesien karena banyak perusahaan yang berada di bawah rata-rata industri sedangkan perusahaan yang memiliki kinerja keuangan paling sehat adalah PT. Sari Husada Tbk.

 

Keyword : analisis kinerja keuangan; perusahaan makanan dan minuman

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/69/jiptummpp-gdl-s1-2005-yenimutiar-3427-Pendahul-n.pdf


Keywords


analisis kinerja keuangan; perusahaan makanan dan minuman