ANALISIS PENERAPAN DISKRIMINAN ALTMAN (Z-Score) UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA

Andi Prasetyo

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan perbankan dengan judul ?Analisis Penerapan Diskriminan Altman (Z-Score) Untuk Memprediksi Tingkat Kebangkrutan Pada Perusahaan Perbankan Yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan analisis diskriminan Altman (Z-Score) digunakan untuk memprediksi tingkat kebangkrutan pada perusahaan perbankan dan untuk mengetahui prospek perusahaan dimasa yang akan datang.
Alat analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan Altman (Z-Score) yaitu : 1). Menentukan kategori awal perusahaan sukses dan gagal, berdasarkan nilai rata-rata ukur (DER), 2). Menghitung rasio keuangan sebagai variabel bebas dalam analisis diskriminan seprti: WCTA, RETA, ETA, MVEBVD, STA, CR, WCS, dan NPR, 3). Melakukan pengujian data kedalam analisis diskriminan, 4). Menentukan model diskriminan yaitu: WCTA, RETA, ETA, MVEBVD, STA, CR, WCS, dan NPR, 5). Membuat kesimpulan dari analisis diskriminan.
Hasil perhitungan analisis diskriminan Altman (Z-Score) menunjukkan bahwa perusahaan perbankan yang diteliti pada tahun 2001 ? 2003 menunjukkan 26,83% varians dari penentuan gagal dan sukses dapat dijelaskan oleh model diskriminan Altman yang terbentuk yaitu : X2 (RETA) dan X4 (MVEBVD) dari variabel bebas yang terbentuk (RETA dan MVEBVD) berkorelasi sebesar 51.8% terhadap penentuan kelompok gagal atau sukses.kombinasi kedua rasio itu mampu mengelompokkan perusahaan perbankan kedalam kategori kelompok perusahaan gagal dan kelompok perusahaan sukses dengan ketepatan sebesar 76%. Ini menunjukkan
Berdasarkan kesimpulan di atas maka penulis dapat mengimplikasikan potensi kebangkrutan yang cukup besar sehingga melakukan restrukturisasi. Bagi manajemen perusahaan perbankan minimal satu tahun sekali melakukan evaluasi terhadap kinerja keuangan dengan menggunakan analisis diskriminan karena dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan sesuai dengan perkembangan perusahaan dan keadaan ekonomi secara umum. Bagi investor dapat melakukan investasi sahamnya pada perusahaan perbankan yang memiliki kinerja keuangan yang baik.

 

Keyword : Z-Score; kebangkrutan


Keywords


Z-Score; kebangkrutan