ANALISIS DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SEDIAAN BERBASIS KOMPUTER PADA PT. PANCA TEKNIK UTAMA ? BEKASI, JAWA BARAT

Mokhammad Arif Rakhman

Abstract


Penelitian dan Penerapan SIA berbasis komputer ini dilakukan di perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan (Trading) dan Perawatan (Maintenance). Judul dari penelitian ini adalah ?Analisis dan Implementasi Sistem Informasi Sediaan Berbasis Komputer pada PT. Panca Teknik ? Bekasi, Jawa Barat?
Sediaan merupakan aset yang cukup penting bagi perusahaan. Sediaan selain sebagai faktor produksi vital yang sangat liquid, juga memerlukan biaya cukup besar untuk investasi (stock), sehingga memerlukan pengelolaan yang tepat. Ciri liquid sediaan ditunjukkan dengan tingkat turnover yang tinggi dan cepat dalam proses produksi. Biaya stock yang cukup besar disebabkan oleh kebijakan stabilitas harga beli dan cadangan (safety stock) bagi perusahaan dalam rangka menjaga kelangsungan proses produksi.
Otomatisasi sistem pengendalian sediaan (inventory control) adalah perangkat penting dalam membantu manajemen melakukan pengelolaan sediaan. Program berbasis komputer tersebut dapat mengolah data mutasi inventory secara cepat, akurat, dan lengkap. Data masukan (input) secara otomatis akan diolah oleh komputer secara langsung. Proses pengolahan data dapat terhindar dari kesalahan catat (seperti halnya pencatatan berulang pada sistem manual) yang fatal. Informasi yang dihasilkan sangat lengkap sesuai dengan kebutuhan manajemen dalam mengelola sediaan. Selain itu pimpinan dapat melakukan pengendalian secara langsung setiap saat terhadap posisi dan mutasi inventory.
Sistem inventory control berbasis komputer sangat penting bagi perusahaan. Informasi yang cepat, akurat dan lengkap akan membantu manajemen mengelola sediaan. Bagi pimpinan, program ini sangat penting dalam membantu melakukan pengendalian sediaan di perusahaan. Posisi dan kondisi sediaan di dalam gudang dapat dipantau setiap saat secara online, sehingga dapat dilakukan pengelolaan sediaan secara efektif dan efisien. Hal ini tentu akan sangat membantu perusahaan dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif dalam persaingan. Pengelolaan sediaan yang efektif dan efisien dapat menekan biaya produksi yang akhirnya harga jual produk akan lebih kompetitif.

 

Keyword : implementasi sistem informasi akuntansi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-mokhammada-3464-Pendahul-n.pdf


Keywords


implementasi sistem informasi akuntansi