ANALISIS TIME SERIES KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ROKOK P.T GANDUM - MALANG

Aditya Hermawan

Abstract


Suatu kebijakan dan pengambilan keputusan yang tepat akan menghasilkan pencapaian tujuan sesuai dengan yang telah direncanakan oleh perusahaan. Keberhasilan dalam pencapaian tujuan juga tergantung pada pemanfaatan aset-aset perusahaan secara efisien. Jika pemanfaatannya secara optimal, maka pencapaian tujuan perusahaan akan berhasil. Laporan keuangan memberikan ihtisar mengenai keadaan keuangan perusahaan yang bersangkutan, di mana Neraca mencerminkan nilai dari aktiva, hutang dan modal sendiri pada suatu periode. Sedangkan laporan laba rugi mencerminkan hasil-hasil yang dicapai selama satu periode tertentu.
Penelitian yang mengambil pada obyek perusahaan rokok PT. Gandum ? Malang dengan periode selama 10 tahun, yaitu mulai tahun 1994 ? 2003. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kinerja keuangan perusahaan bila diukur dengan rasio keuangannya selama 10 tahun dan perkembangan kinerja keuangan perusahaan tersebut dalam kurun waktu yang sama, serta bagaimanakah prospek keuangan perusahaan di masa yang akan datang. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif analistik, di mana upaya penelitian yang dilakukan adalah untuk mendiskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan kondisi-kondisi yang terjadi pada suatu obyek penelitian, sehingga di dalam melakukan penelitian ini, tidak diambil suatu hipotesis, melainkan mendiskripsikan informasi dan analisis sesuai dengan kondisi obyek yang diteliti. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah menghitung rasio keuangan, melakukan analisis time series, dan melakukan analisis kompprehensif. Di dalam melakukan analisis time series adalah dengan menghitung rata-rata rasio keuangan selama 10 tahun, menghitung standar deviasinya, menginterprestasikannya ke dalam grafik linear, dan melakukan interprestasi atas kinerja rasio keuangan tersebut. Sedangkan analisis komprehensif yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian atas kinerja keuangan dan memberikan rekomendasi atas kinerja keuangan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan terungkap bahwa kinerja keuangan perusahaan bila diukur dengan rasio keuangannya ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Kinerja keuangan perusahaan diukur dengan rasio keuangannya selama 10 tahun mengalami kenaikan dan penurunan. Rasio-rasio yang mengalami kenaikan adalah Current Ratio, Receivables Turnover, Average Da?ys Turnover, Gross Profit Margin, dan Operating Ratio. Sedangkan rasio-rasio yang mengalami penurunan adalah Cash Ratio, Acid Test Ratio, Total Debt To Total Equity Ratio, Total Debt To Total Assets Ratio, Total Assets Turnover, Average Collection Perriod, Inventory Turnover, Working Capital Turnover, Operating Ratio, Rate Of Return On Assets, Rate Of Return On Equity. Mayoritas rasio keuangan perusahaan tersebut mengalami penurunan. Walaupun mayoritas rasio keuangan perusahaan mengalami penurunan, fluktuasi yang terjadi adalah stabil dengan tingkat resiko yang normal. Ini berarti bahwasanya kinerja keuangan perusahaan selama kurun waktu 10 tahun mengalami penurunan dengan tingkat fluktuasi yang relatif dapat diproyeksikan dan tingkat resiko yang akan dihadapi adalah normal. Prospek kinerja keuangan di masa mendatang (tahun 2004) tidaklah menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini disebabkan oleh ekspektasi linear rasio yang terjadi di tahun 2004 masih di bawah tahun 2003. ini berarti bahwasanya kinerja keuangan perusahaan di masa mendatang (tahun 2004) tidak lebih baik jika dibandingkan dengan kinerja keuangan perusahaan selama 10 tahun silam (tahun 1994-2003).

 

Keyword : Analisis Time Series Kinerja Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-adityaherm-3465-01.+PEND-N.pdf


Keywords


Analisis Time Series Kinerja Keuangan