ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT. ADIGUNA BINTANG LESTARI KANTOR CABANG SURABAYA

FENDIE ARDIYANSYAH

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Adiguna Bintang Lestari dengan Judul ?Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan pada PT Adiguna Bintang Lestari Kantor Cabang Surabaya?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Sistem Informasi Akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT Adiguna Bintang Lestari Kantor Cabang Surabaya.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik kualitatif, yaitu suatu teknik analisis data yang berbentuk uraian kata dan laporan yang diterima dan dikumpulkan serta dianalisis sehingga mendapat kesimpulan yang benar. Adapun langkah-langkah analisis kualitatifnya yaitu menganalisis pencatatan waktu kerja dan waktu hadir, menganalisis sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan, dan yang terakhir yaitu laporan hasil analisis sistem informasi akuntansi penggajian dan pengupahan.
Dari hasil analisis diketahui bahwa sistem penggajian dan pengupahan pada PT Adiguna Bintang Lestari terbentuk dari 2 (dua) prosedur yakni prosedur pencatatan waktu kerja dan waktu hadir, dan prosedur penggajian dan pengupahan. Dan adanya dua dokumen yakni kartu jam kerja dan kartu jam hadir dalam prosedur pencatatan waktu kerja dan waktu hadir. Dan kesimpulan yang terakhir yaitu dalam pelaksanaan sistem penggajian dan pengupahan yang dilaksanakan di perusahhan kurang efektif, karena tidak adanya petugas pembayaran gaji dan upah dan juga tidak adanya kasir yang bertugas memberikan amplop slip gaji dan upah kepada karyawan.
Berdasarkan hasil analisis diatas maka penulis memberikan babarapa saran yang dapat diajukan untuk bahan pertimbangan atau masukan bagi perusahaan. Adapun saran-saran tersebut yaitu dalam prosedur penggajian dan pengupahan diperlukan adanya petugas pembayaran gaji dan upah dan petugas kasir. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan tugas di bagian keuangan. Pemisahan fungsi pembuat daftar gaji dan upah, pencatatan, dan pembayaran dilakukan dalam rangka untuk memperoleh pengendalian intern yang memadai. Dan perlu diadakannya evaluasi atas laporan penggajian dan pengupahan yang dilakukan tiap bulan dengan membandingkan antara anggaran yang dibuat dengan yang terealisasi.

 

Keyword : Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-fendieardi-3466-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian dan Pengupahan