EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN ATAS PROSEDUR PIUTANG USAHA PADA PT. PANCAMITRA ICHIGOJAYA MALANG

Kamsiah Kamsiah

Abstract


Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian studi kasus pasa PT. Pancamitra Ichigojaya Malang dengan judul ?Evaluasi Struktur Pengendalian Intern atas Prosedur Piutang Usaha pada PT. Pancamitra Ichigojaya Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara langsung tentang prosedur piutang usaha yang telah diterapkan dan dilakukan oleh perusahaan dan untuk mengetahui sejauhmana penerapan struktur pengendalian intern atas prosedur piutang usaha pada PT. Pancamitra Ichigojaya Malang sesuai dengan kriteria-kriteria secara teoritis.
Metode analisis yang dilakukan meliputi evaluasi terhadap struktur pengendalian intern yang terdiri dari lingkungan pengendalian piutang, sistem akuntansi piutang, prosedur pengendalian piutang dan analisis rasio piutang.
Hasil evaluasi terhadap struktur pengendalian intern, penulis mengusulkan untuk melakukan penambahan bagian pada struktur organisasi yaitu bagian kredit, bagian penagihan, bagian pengiriman barang dan juga perlu adanya penambahan dukumen yaitu formulir penjualan kredit dan surat perintah pengiriman barang. Hal itu diusulkan agar tidak terjadi perangkapan tugas dan memberikan tanggung jawab otoritas transaksi, pencacatan transaksi dan penanganan fisik aktiva kepada orang yang berbeda.
Dari hasil analisis laporang keuangan nampak bahwa struktur pengendalian intern atas piutang usaha sudah efektif, hal itu dapat terlihat dari tingkat perputaran piutang yang semakin ,meningkat dan periode penagihan rata-rata yang telah sesuai dengan prosedur pembayaran yang ditetapkan perusahaan yang memberikan jangka waktu 3 bulan.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengimplikasikan agar PT. Pancamitra Ichigojaya Malang membentuk bagian kredit, bagian penagihan, bagian pengiriman barang dan menambah dokumen dalam prosedur piutang yaitu faktor penjualan kredit dan surat perintah pengiriman barang agar tercipta internal check antar suatu bagian dengan bagian yang lain.

 


Keyword : EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN; PIUTANG USAHA

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-kamsiah006-3468-01.+PEND-N.pdf


Keywords


EVALUASI STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN; PIUTANG USAHA