ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERMASUK DALAM INDEKS LQ-45 DI BEJ)

Wiwin Dwi Triwiyani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kinerja keuangan yang diwakili oleh rasio lancar, Net Profit Margin, Earning per Share, Debt to Equity ratio dan Return on Equity berpengaruh terhadap harga saham. Perusahaan sektor industri barang konsumsi yang termasuk dalam indeks LQ-45 dipilih sebagai sampel karena sektor ini merupakan suatu sektor yang menyangkut kebutuhan manusia dan merupakan saham yang teraktif di LQ-45.
Sampel yang digunakan diambil berdasarkan purposive sampling. Populasi yang ada sebanyak 45 perusahaan, dan yang diambil sebagai sampel 10 perussahaan. Periode penelitian selama 2 tahun (tahun 2002-2003).
Dalam penelitian ini digunakan lima variabel independen yaitu ROE, DER, EPS, CR dan NPM. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui kemampuan rasio keuangan dalam pengaruh harga saham adalah Regresi linier berganda. Analisis regresi ini digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Uji F digunakan untuk menguji apakah semua rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini secara serempak mempengaruhi Harga saham perusahaan. Sedangkan Uji t digunakan untuk menguji apakah secara persial rasio keuangan yang digunakan mempunyai pengaruh sisnifikan terhadap harga saham.
Hasil analisis ini menunjukkan bahwa secara serempak terdapat pengaruh yang signifikan dari semua rasio keuangan terhadap harga saham. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa rasio yang mempunyai pengaruh signifikan adalah rasio CR, NPM, DER dan ROE. Sedangkan variabel EPS tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa investor dalam menanamkan sahamnya memperhatikan tingkat harga saham, tingkat laba dan tingkat pengembalian.
Dari keseluruhan rasio keuangan menunjukkan bahwa rasio ROE mempunyai pengaruh paling dominan dibanding rasio keuangan lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ROE juga merupakan salah satu yang harus diperhatikan selain EPS seperti pada hasil dari penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa EPS mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap harga saham.

 

Keyword : Kinerja Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-wiwindwitr-3469-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kinerja Keuangan