PENGARUH DIVIDEND PAYOUT RATIO, EARNING PER SHARE, DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Publik yang Termasuk Dalam Indeks LQ-45 Di BEJ)

MELLI HERFINA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris pada perusahaan LQ- 45 yang listing di BEJ dengan judul ? Pengaruh Dividend Payout Ratio, Earning Per Share, dan Return On Assets Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan publik yang Termasuk Dalam Indeks LQ_45 di BEJ )?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan bukti secara empiris bahwa dividend payout ratio, earning per share dan return on assets secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham dan untuk memberikan bukti secara empiris bahwa dividend payout ratio, earning per share dan return on assets secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham.
Dalam penelitian ini peneliti mengambil dua hipotesis yaitu : terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara dividend payout ratio, earning per share dan return on assets terhadap harga saham dan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara dividend payout ratio, earning per share dan return on assets terhadap harga saham.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh dividend payout ratio, earning per share dan return on assets terhadap harga saham adalah regresi linier berganda. Berdasarkan data hasil regresi linier diperoleh persamaan regresi Y = 2,102 ? 0,174X1 ? 0,415X2 + 0,403X3.
Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa secara simultan dan parsial variabel DPR, EPS dan ROA tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil pengujian regresi diperoleh nilai R square sebesar 0,080 yang artinya 8% perubahan harga saham dipengaruhi oleh variabel DPR, EPS dan ROA, maka sisa 96% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa variabel-variabel bebas DPR, EPS dan ROA tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Untuk itu perlu ditambah variabel lain seperti menganalisis tingkat resiko, agar bisa membantu investor dalam mengambil keputusan jika ingin berinvestasi di pasar modal.

 

Keyword : Dividend Payout Ratio; Earning Per Shares; Return On Assets; Indeks LQ-45; Harga Saham

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-melliherfi-3472-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Dividend Payout Ratio; Earning Per Shares; Return On Assets; Indeks LQ-45; Harga Saham