PENGARUH GENDER TERHADAP KINERJA AUDITOR (STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI MALANG)

Lidia Susanti

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada Kantor Akuntan Publik yang ada di Malang dengan judul ?Pengaruh Gender Terhadap Kinerja Auditor? (studi empiris pada kantor akuntan publik di Malang)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gender mampu mempengaruhi kinerja auditor. Serta faktor apa saja yang mampu mempengaruhinya.
Dalam penelitian ini, alat analisis yang digunakan untuk menetahui pengaruh gender terhadap kinerja auditor, mengunakan analisis distribusi presentase dan mengukurannya mengunakan skala likert dengan mengunakan interval (a,b,c,d,e). Nilai pengaruh akan di uji dengan mengunakan uji reabilitas, uji validitas dan uji regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian dari 33 responden yang berasal dari kantor akuntan publik di Malang maka berdasarkan pengaruh antar variabel bebas (X) yaitu melakukan pengauditan sesuai dengan prosedur audit yaitu (X1), melakukan pelaporan audit (X2), membuat surat penugasan (X3), mengungkapkan hasil pelaporan dalam bentuk pendapat (X4), dan menjaga etika profesi auditor (X5), terhadap variabel terikat perbedaan gender (Y).
Hasil menunjukkan adanya Uji validitas ini menggunakan perhitungan dengan Korelasi Product Moment. Data diatas dikatakan Valid jika Nilai Sig. < 0.05, karena pada data diatas sig.< 0.05, maka semua data adalah Valid. Berdasarkan Uji teknik pengujian reliabilitas kriteria pengambilan keputusannya adalah apabila nilai dari Alpha Cronbach lebih besar dari 0,6 maka variabel tersebut sudah reliabel (handal). Dimana nilai X1 (0,870), X2 (0,646), X3 ( 0,630), X4 (0,677), X5 (0,788), Y (0,796) menunjukkan nilai reabel jika Nilai Alpha > 0.6, karena pada data diatas Alpha > 0.6. Dari ketentuan yang telah disebutkan sebelumnya maka semua variabel yang digunakan untuk pengumpulan data sudah reliabel. Selanjutnya untuk Uji Regresi linier berganda diuji dengan mengunakan uji F yang diperoleh hasil yaitu: nilai F hitung = 6.364; dan nilai F tabel (5,27) = 2.5719 sehingga dapat disimpukan model regresi yang dihasilkan signifikan atau kelima variabel mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap variabel Y. Untuk itu hasil penelitian yang signifikan ini, membuat penelitian berhasil menolak Ho atau menerima Ha.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya gender mampu memicu tingkat kerja dengan cara berkerja sama, menjadi partner dalam berkerja dan mampu menunjukkan hubungan yang positif diantara keduanya.

 

Keyword : Gender; Kinerja Auditor; Kantor Akuntan Publik

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-lidiasusan-3473-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Gender; Kinerja Auditor; Kantor Akuntan Publik