EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN DALAM MENILAI EFEKTIVITAS ( Tinjauan pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang )

Dewi Srirejeki

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dengan judul ?Evaluasi Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pungutan Pajak Hotel dan Restoran Dalam Menilai Efektivitas?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan dan efektifitas sistem pengendalian intern atas pungutan pajak hotel dan restoran yang dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan data sekunder dan data primer. Data sekunder berupa: struktur organisasi,sistem dan prosedur pemungutan pajak hotel dan restoran, dan laporan target dan realisasi tahun 1999/2000 sampai dengan tahun 2003. Sedangkan data primer berupa: hasil wawancara mengenai usaha-usaha yang dilakukan dalam melaksanakan praktek yang sehat, serta usaha-usaha dalam merekrut karyawan, hambatan-hambatan dan usaha-usaha dalam menumbuhkan kesadaran dalam membayar pajak.
Teknik analisa data yang digunakan peneliti adalah: pelaksanaan sistem pemungutan pajak hotel dan restoran, pembahasan sistem pengendalian intern, dan penentuan efektifitas dalam mencapai tujuan.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan sistem pengendalian intern pungutan pajak hotel dan restoran oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang sudah efektif dimana dari laporan target dan realisasi pungutan pajak hotel dan restoran menunjukkan selisih favorable (menguntungkan). Efektifitas tersebut terlihat juga dari struktur organisasi yang sesuai dengan tuntutan kerja, sistem wewenang yang menjamin adanya internal check, adanya satuan pengawas yang menjamin praktek yang sehat, dan adanya usaha-usaha guna menjamin karyawan yang kompeten dalam mendukung pelaksanaan kerja Dinas Pendapatan kota Malang. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang menghambat efektifitas pungutan pajak hotel dan restoran, antara lain: sarana pengolah data yang sudah tidak memenuhi tuntutan kerja, kurangnya pemahaman isi peraturan dan sistem serta prosedur pembayaran oleh wajib pajak,banyaknya birokrasi, dan rendahnya tingkat kepercayaan terhadap aparat.
Dari hasil penelitian tersebut, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pungutan pajak hotel dan restoran oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang sudah efektih meskipun belum sepenuhnya.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis memberikan saran bahwa untuk mendukung pelaksanaan pungutan pajak hotel dan restoran sebaiknya Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang melakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai isi peraturan dan sistem prosedur pemungutan pajak, meng-up grade komputer. Selain itu perlu diupayakan analisis dan usaha-usaha ke arah penerapan sistem dan prosedur pemungutan pajak yang lebih mudah, misalnya dengan online system.

 

Keyword : Sistem Pengendalian Intern

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-dewisrirej-3488-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem Pengendalian Intern