ANALISIS DISKRIMINAN SEBAGAI MODEL UNTUK MENGETAHUI PREDIKSI KEGAGALAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ

Ike Windi Lestari

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEJ dengaan judul ? Analisis Diskriminan Sebagai Model Untuk Memprediksi Kegagalan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ?
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji bagaimana analisis diskriminan digunakan untuk menentukan rasio keuangan yang masuk dalam sebuah model prediksi kegagalan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan dengan rumus Z = 0,721 X2 + 0,620 X4. Analisis diskriminan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tolak ukur untuk nilai DER perusahaan >2,626 maka perusahaan masuk dalam kategori kelompok perusahaan yang gagal/bamgkrut, dan jika nilai DER perusahaan < 2,626 maka perusahaan dikategorikan dalam kelompok perusahaan sukses.
Dari hasil perhitungan nilai DER terdapat 36 responden yang masuk dalam kategori perusahaan gagal dan 60 responden yang masuk dalam kategori perusahaan sukses. Dengan angka korelasi kanonikal 0,518 atau 51,8% menunjukan bahwa 51,8% varians dari variabel sukses dan gagal dapat dijelaskan oleh model diskriminan yang terbentuk yaitu, X2 (RETA), X4 (MVEBVD).
Berdasarkan penelitian ini, penulis mengimplikasikan bahwa sebaiknya pihak manajemen yang termasuk dalam perusahaan manufakur yang masuk dalam kategori kelompok perusahaan gagal perlu memperhatikan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembenahan dan peningkatkan kinerja keuangan dengan menekan pada faktor-faktor yang diidentifikasi sebagai penyebab kebangkrutan.

 

Keyword : Analisis Diskriminan; Prediksi Kegagalan/Kebangkrutan Perusahaan Manufaktur

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-ikewindile-3490-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Analisis Diskriminan; Prediksi Kegagalan/Kebangkrutan Perusahaan Manufaktur