EVALUASI PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang)

Melasti Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini berjudul ?Evaluasi Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi Untuk Meningkatkan Produktivitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang)?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan dan pengendalian biaya produksi pada Perusahaan Kopi Sumber Agung Malang; dan untuk mengetahui sejauhmana perencanaan dan pengendalian biaya produksi tersebut dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan.
Penelitian ini bersifat deskrptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu menjelaskan situasi tertentu pada perusahaan dengan melihat permasalahan yang terjadi untuk kemudian dicari pemecahannya dengan melakukan analisa terhadap data yang ada di perusahaan.
Analisa yang dilakukan dalam penelitian ini pertama-tama adalah menyusun standar biaya produksi termasuk diantaranya memisahkan BOP semi variabel ke dalam BOP tetap dan BOP variabel dengan menggunakan metode kuadrat terkecil. Analisa selanjutnya adalah mengevaluasi perencanaan biaya produksi dalam hal ini penyusunan anggaran biaya produksi yang dibuat perusahaan, kemudian mengevaluasi pengendalian biaya produksi dengan menggunakan analisa varian. Analisa terakhir adalah melakukan pengukuran produktivitas untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan selama 1 tahun terakhir.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa perusahaan dalam melakukan penyusunan anggaran biaya produksi masih kurang baik. Ini disebabkan perusahaan hanya menggunakan data historis yang ada tanpa melihat perkiraan-perkiraan yang mungkin terjadi, sehingga apa yang telah direncanakan tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Dalam pengendalian biaya produksi didapatkan bahwa masih terdapat selisih yang cukup besar antara anggaran dan realisasinya. Dan untuk produktivitas terjadi peningkatan selama 1 tahun terakhir.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa perencanaan dan pengendalian biaya produksi yang baik dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka saran yang dapat diberikan adalah perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengendalian biaya produksi sebaiknya tidak hanya berpedoman pada data dan informasi keuangan tahun sebelumnya, tetapi juga memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti kenaikan harga pasar serta adanya kebijakan baru pemerintah.

 

Keyword : Biaya Produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-melastipus-3491-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Biaya Produksi