ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI DALAM UPAYA PENCAPAIAN EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA CV. TIGA PUTRA "TAWI" MEBEL MALANG

RIA FARAHDIBA

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang berjudul Analisis Pengendalian Biaya Produksi dalam Upaya Pencapaian Efesiensi Biaya Produksi Pada CV. Tiga Putra ?Tawi? Meubel yang beralamat Jln. Cakalang No. 235 B Malang. Dalam menjalankan usahanya perusahaan dituntut melakukan efesiensi guna mengoptimalkan laba dengan sumber-sumber daya yang dimiliki serta menjamin kontinuitas usahanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji biaya produksi sebagai alat pengendalian yang dapat meningkatkan efesiensi biaya produksi. Untuk memecahkan masalah dan pencapaian tujuan peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk mencari, mendapatkan dan mengumpulkan sejumlah data untuk mendapatkan gambaran fakta-fakta yang jelas tentang hal keadaan yang ada pada perusahaan.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis selisih dari biaya produksi, yang meliputi selisih biaya bahan baku, selisih biaya tenaga kerja langsung dan selisih biaya overhead pabrik.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa untuk selisih harga bahan baku mengalami selisih favorable (menguntungkan) karena penetapan harga bahan baku standart oleh perusahaan lebih besar dari realisasinya, dan selisih kuantitas bahan baku mengalami selisih favorable (menguntungkan) tetapi dengan penghematan tersebut membuat hasil produksi tidak sesuai dengan standart perusahaan. Untuk selisih biaya tenaga kerja langsung, selisih tarif upah langsung tidak mengalami selisih karena adanya sistem UMR, dan terjadi selisih favorable (menguntungkan) untuk selisih efisiensi upah langsung tetapi dengan efisiensi jam kerja menyebabkan perusahaan tidak bisa memproduksi produk sesuai dengan target yang ditetapkan. Sedangkan selisih biaya overhead pabrik terjadi selisih favorable (menguntungkan) hal ini menunjukkan bahwa perusahaan telah maksimal dalam menghemat biaya produksi.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan CV. Tiga Putra Tawi Meubel Malang telah melakukan kinerja operasional yang efisien, hal ini ditunjukkan dari analisis selisih yang dilakukan pada biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik menghasilkan selisih yang menguntungkan.

 

Keyword : Pengendalian; biaya produksi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-riafarahdi-3492-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Pengendalian; biaya produksi