EVALUASI EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH PADA DIPENDA KOTA PASURUAN

Dewi Kilianjani Purbowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pasuruan dengan judul ?Evaluasi Efektivitas Pemungutan Pajak Daerah pada Dinas Pendapatan Kota Pasuruan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur yang digunakan dalam pemungutan pajak daerah; untuk mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang digunakan dalam pemungutan pajak daerah; untuk mengetahui apa kendala atau hambatan yang dihadapi dalam pemungutan pajak daerah; dan untuk mengetahui efektivitas pemungutan pajak daerah, pada Dipenda Kota Pasuruan.
Analisis data yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tugas pokok dan fungsi; untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur yang digunakan dalam pemungutan pajak daerah; untuk mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang digunakan dalam pemungutan pajak daerah; untuk mengetahui apa kendala atau hambatan yang dihadapi dalam pemungutan pajak daerah adalah dengan analisis data komparatif, sedangkan untuk mengetahui efektivitas pemungutan pajak daerah adalah dengan menggunakan rasio efektivitas yaitu jika rasio efektivitas bernilai > 1 atau > 100% maka dinyatakan efektif.
Dari hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa tugas pokok dan fungsi, dan sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah telah dilaksanakan dengan baik. Sarana dan prasarana yang digunakan lengkap dan dalam kondisi baik; ada 4 kendala atau hambatan yang dihadapi; dan rasio efektivitas yang dicapai adalah sebesar 107,56% sampai 112,23%.
Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas pemungutan pajak daerah pada Dipenda Kota Pasuruan telah tercapai.

 

Keyword : Efektivitas; Pemungutan; Pajak; Daerah

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-dewikilian-3493-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Efektivitas; Pemungutan; Pajak; Daerah