DAMPAK KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK TERHADAP VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DI BURSA EFEK JAKARTA

Pipit Vina Gunarti

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada volume perdagangan saham antara periode sebelum dan sesudah kenaikan harga bahan bakar minyak.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil hipotesis, yaitu bahwa rata-rata volume perdagangan saham sebelum kenaikan harga bahan bakar minyak berbeda signifikan dengan rata-rata volume perdagangan saham setelah kenaikan harga bahan bakar minyak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 45 perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ-45. Periode penelitian adalah 14 hari sebelum dan 14 hari sesudah kenaikan harga bahan bakar minyak.
Alat analisis yang digunakan untuk memberikan bukti empiris, apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada volume perdagangan saham sebelum dan sesuadah kenaikan harga bahan bakar minyak menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (α ) 5%. Jika nilai Sig <α, maka perlakuan memiliki perbedaan yang signifikan.
Hasil perhitungan dengan alat analisis uji t adalah bahwa nilai Sig > 0,05 yaitu 0,998 > 0,05 maka dapat disimpulkan perbedaan antara volume perdagangan saham sebelum dengan sesudah kenaikan harga bahan bakar minyak adalah tidak signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh terhadap volume perdagangan saham sesudah kenaikan harga bahan bakar minyak.

 

Keyword : Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak; Volume Perdagangan Saham; Bursa Efek Jakarta

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/70/jiptummpp-gdl-s1-2005-pipitvinag-3495-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak; Volume Perdagangan Saham; Bursa Efek Jakarta