ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL PESONA REMAJA DI MALANG

Heru Aristianto S.

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Pesona Remaja Industri Malang dengan Judul ? Analisis Biaya Diferensial Untuk Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada PT. Pesona Remaja Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis biaya Diferensial yang ditetapkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada PT. Pesona Remaja Malang.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui besarnya laba Diferensial apabila perusahaan mengambil keputusan menerima atau menolak, maka digunakan rumus:
Pendapatan Diferensial xx
Biaya Diferensial :
Biaya produksi variabel xx
Biaya Komersial xx
Laba Diferensial xx
xx
Selain itu, digunakan juga metode least square untuk memisahkan biaya semivariabel menjadi biaya tetap dan biaya variable. Dengan menggunakan rumus:
Y = a + bx
b =
a =

y = Biaya Periodik
x = Kegiatan Periodik
a = Biaya tetap
b = Biaya variabel
n = Jumlah sampel
Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis biaya diferensial, menyatakan bahwa pada produk pakaian memperoleh pendapatan diferensial sebesar Rp 189.000.000, dan produk celana Rp 186.500.000, biaya diferensial sebesar Rp 178.245.821, untuk pakaian dan sebesar Rp 175.285.713, untuk produk celana, laba diferensial sebesar Rp 10.753.179, untuk produk pakaian dan sebesar Rp 11.214.287, untuk produk celana.
Berdasarkan hasil kesimpulan diatas, penulis dapat memberikan saran bahwa sebaiknya PT. Pesona Remaja menggunakan analisis biaya Diferensial sebagai dasar pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.selama tambahan pendapatan lebih besar dari tambahan biaya untuk pesanan khusus, kapasitas produksi belum mencapai full capacity, serta pesanan khusus tersebut tidak mempengaruhi penjualan produk reguler.

 

Keyword : ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-heruaristi-3537-pendahul-n.PDF


Keywords


ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL