PERENCANAAN PAJAK ( TAX PLANNING ) UNTUK EFISIENSI PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN (Studi Kasus pada PT. PATAL CILACAP)

Muslimah Muslimah

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. PATAL Cilacap dengan judul ?PERENCANAAN PAJAK (TAX PLANNING) UNTUK EFISIENSI PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana memecahkan masalah perencanaan perpajakan dengan mencari peluang penghindaran pajak dengan cara memaksimalkan biaya-biaya yaitu dengan meningkatkan biaya-biaya yang dapat dikurangkan atau menekan biaya yang tidak dapat dikurangkan/ dialihkan ke biaya-biaya yang dapat dikurangkan.
Dalam penelitian ini penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: pengurangan penghasilan kena pajak perusahaan melalui peningkatan penghasilan karyawan, dan pemberian tunjangan pajak penghasilan pasal 21 kepada karyawan.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui atas laporan keuangan perusahaan sebagai hasil perhitungan pajak penghasilan dan melakukan perencanaan perkiraan pajak. Serta menganalisis dan memecahkan masalah perencanaan perpajakan dengan mencari peluang penghindaran pajak dengan memaksimalkan biaya-biaya dengan meningkatkan biaya-biaya yang dapat dikurangkan atau menekan biaya yang tidak dapat dikurangkan/dialihkan ke biaya-biaya yang dapat dikurangkan.
Hasil perhitungan yang diperoleh yaitu terdapatnya pembiayaan yang sebenarnya dapat dijadikan peluang untuk perencanaan pajak penghasilan badan, akan tetapi perusahaan ternyata belum memanfaatkan kemungkinan tersebut.
Dari hasil analisis terbukti bahwa dengan adanya perencanaan pajak secara optimal akan terjadi penghematan pajak penghasilan.
Berdasarkan kesimpulan di atas penulis dapat mengaplikasikan bahwa perencanaan pajak penghasilan PT. PATAL CILACAP menunjukkan penghematan yang cukup material, sehingga bila perusahaan menerapkan strategi perencanaan pajak, maka perusahaan secara cepat akan menguntungkan.

 

Keyword : PERENCANAAN PAJAK; EFISIENSI PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-muslimah98-3541-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


PERENCANAAN PAJAK; EFISIENSI PENGHEMATAN PAJAK PENGHASILAN