REKONSILIASI LABA RUGI KOMERSIAL DAN FISKAL UNTUK PENETAPAN PAJAK PANGHASILAN PADA PT. MULTI MEGAH ABADI SURABAYA

SITI UMI HANIK

Abstract


Penelitian bersifat diskriptif, pada perusahaan meubel PT. Multi Megah Abadi dengan judul :? Rekonsiliasi Laba Rugi Fiskal dan Komersial Untuk Penetapan pajak penghasilan Pada PT. Multi Megal Abadi Surabaya.
Tujuan penelitian adalah untuk penentukan pajak penghasilan pada akhir periode sesuai dengan Undang-Undang Perpajakan No 17 Tahun 2000 dan untuk mengetahi pendapatan dan beban yang dikoreksi dari laporan keuangan komersial untuk menyusun laporan keuangan fiskal sesuai dengan Undang-undang Perpajakan.
Metode analisa data yang dipergunakan adalah dengan cara mengidetifikasi biaya-biaya yang diakui dan yang tidak diakui oleh pajak, serta nenganalisa perbandingan laba komersial dan fiskal berdasarkan Undang-Undang Perpajakan.
Hasil penelitian dari analisa diperoleh laba kena pajak menurut akuntansi komersial sebesar Rp. 676.118.992,02 dan laba kena pajak menurut akuntansi fiskal sebesar Rp. 700.221.287,82, sehingga terdapat selisah sebesar Rp. 24.102.365,8. Sedangkan pajak pengasilan menurut akuntansi komersial sebesar Rp. 266.193.824, 82, menurut akuntansi fiskal sebesar Rp. 275.094.837,64, sehingga terdapat selisih sebesar Rp. 8.901.012,62.
Dari analisa tersebut, perbedaan pajak penghasilan yang terutang antara laba rugi fiskal dal laba rugi komersial disebabkn adanya beda tetap dan beda waktu.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti menyimpulkan bahwa sebaiknya perusahaan mengalokasikan selisih pajak penghasilan tersebut dengan alokasi pajak penghasilan antar periode dengan menampung selisih tersebut pada akuntansi pajak penghasilan yang ditangguhkan. Untuk memudahkan perhitungan kembali laba kena pajak yang sebenarnya, sebaiknya perusahaan melakukan penggolongan kembali pendapatan dan beban yang boleh diakui dan yang tidak boleh diakui oleh pajak.

 

Keyword : Rekonsiliasi Laba Rugi

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-sitiumihan-3542-Pendahul-n.pdf


Keywords


Rekonsiliasi Laba Rugi