EVALUASI SISTEM DAN PROSEDUR DARI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PERUM PEGADAIAN CABANG PANDAAN

HARTONO HARTONO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perum Pegadaian Cabang Pandaan dengan Judul ?Evaluasi Sistem dan Prosedur dari Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada Perum Pegadaian Cabang Pandaan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan system dan prosedur dari penerimaan dan pengeluaran kas pada Perum Pegadaian Cabang Pandaan.
Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah struktur organisasi, system dan prosedur dari penerimaan kas, serta system dan prosedur dari pengeluaran kas.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan telah menerapkan system dan prosedur dari penerimaan dan pengeluaran kas adalah analisis deskriptif dengan cara mengevaluasi system dan prosedur dari penerimaan kas serta system dan prosedur dari pengeluaran kas apakah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan.
Hasil analisis dengan evaluasi sistem dan prosedur dari penerimaan kas diketahui beberapa kelemahan antara lain; penyetoran uang kas ke bank hanya dilakukan sebulan sekali, tidak adanya arsip pada Bagian Kasir sebagai bukti transaksi, dan belum adanya cap lunas setelah transaksi penerimaan kas dilakukan. Dari hasil evaluasi sistem dan prosedur dari pengeluaran kas diketahui beberapa kelemahan antara lain; belum dibentuknya kas kecil, semua pengeluaran kas yang terlihat dalam prosedur pengeluaran kas belum sepenuhnya menggunakan cek, dan adanya perangkapan tugas antara bagian penaksir dan Bagian Operator.
Dari hasil analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa Perum Pegadaian Cabang Pandaan belum sepenuhnya menerapkan sistem dan prosedur dari penerimaan dan pengeluaran kas sesuai dengan standar yang ditetapkan.

 

Keyword : Evaluasi Sistem dan Prosedur; Penerimaan dan Pengeluaran Kas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-hartono986-3543-pendahul-n.pdf


Keywords


Evaluasi Sistem dan Prosedur; Penerimaan dan Pengeluaran Kas