ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PERUSAHAAN SEPATU Mr. PIENK MALANG

IWAN SETIAWAN

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan sepatu Mr. PIENK Malang dengan judul ?Analisis Biaya Diferensial Untuk Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Perusahaan Sepatu Mr. PIENK Malang ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perusahaan mengambil keputusan terhadap pesanan khusus sepatu kulit pria dan menjelaskan bagaimana metode biaya diferensial bermanfaat untuk perusahaan dalam mengambil keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.
Dalam penelitian ini analisis yang digunakan adalah analisis biaya diferensial yang meliputi identifikasi biaya, pemisahan biaya semi variabel dengan metode kuadrat terkecil, penentuan harga pokok penjualan biaya variabel serta analisis kontribusi marjin.
Dari perhitungan yang ada diketahui bahwa dengan menerima pesanan khusus tersebut perusahaan akan berproduksi sebanyak 12.400 pasang dan masih memberikan laba kepada perusahaan sebesar Rp. 32.500.000,00. Dari perhitungan kontribusi marjin secara keseluruhan, pesanan khusus sebanyak 2.500 pasang sepatu dengan harga Rp. 45.000,00 tidak mengakibatkan kerugian kepada perusahaan tetapi memberikan laba kontribusi sebesar Rp. 152.456.425,00 secara keseluruhan dari produksi perusahaan.
Dari kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan sebaiknya perusahaan sepatu Mr. PIENK mengklasifikasikan terlebih dahulu biaya semi variabel kedalam biaya tetap dan biaya variabel dan untuk memecahkan persoalan khusus menggunakan analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan.

 

Keyword : Analisis Biaya Diferensial; Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-iwansetiaw-3544-A.+Penda-n.pdf


Keywords


Analisis Biaya Diferensial; Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus