ANALISIS KINERJA KEUANGAN DALAM RANGKA MENILAI EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PADA PT. KTI (KUTAI TIMBER INDONESIA) DI PROBOLINGGO

DONNY FIRMANA

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. KTI (Kutai Timber Indonesia) dengan judul ?Analisis Kinerja Keuangan dalam Rangka Menilai Efisiensi dan Efektifitas pada PT TKI (Kutai Timber Indonesia) di Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan dalam rangka menilai efisiensi dan efektifitas di lihat dari aspek rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas pada PT KTI di Probolinggo.
Alat analisis rasio yang digunakan adalah rasio likuiditas ini untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka pendek yang berupa hutang-hutang jangka pendek. Rasio solvabilitas ini mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar hutang bila pada suatu saat perusahaan dilikuidasi. Rasio aktivitas ini mengukur efisiensi perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimiliki. Rasio profitabilitas ini mengukur kemampuan untuk menghasilkan laba.
Hasil perhitungan analisis rasio likuiditas menunjukkan kenaikan dari tahun 2000 ke tahun 2002. Analisis rasio solvabilitas di mana rasio hutang atas aktiva PT. KTI dari tahun ke tahun semakin berat beban hutang perusahaan di banding aktiva yang sama. Untuk rasio hutang jangka panjang pada tahun 2001 perusahaan telah mampu menekan beban hutang jangka panjang, meskipun pada tahun 2002 perusahaan makin menambah beban hutang jangka panjang terhadap modal sendiri. Analisis rasio aktivitas pada PT. KTI telah mampu menggunakan aktiva yang dimiliki secara efisien. Analisis rasio profitabilitas pada rasio margin laba kotor perusahaan pada tahun 2001 telah mampu menekan harga pokok penjualan tetapi pada tahun 2002 perusahaan tidak mampu menekan harga pokok penjualan. Untuk rasio margin laba operasi perusahaan dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dan penurunan, tetapi jika menggunakan tahun 2000 sebagai dasar perhitungan pada tahun 2002 mengalami kenaikan sehingga masih dianggap menguntungkan. Dan menurut rasio margin laba bersih perusahaan telah mampu menghasilkan laba bersih dari setiap penjualan yang dihasilkan.
Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan analis kinerja keuangan pada PT KTI dapat dinilai sudah efisien dan efektif, terutama pada analisis rasio likuiditas dan analisis rasio aktivitas.
Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat memberi saran bahwa, sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan lagi kinerja keuangannya, terutama untuk analisis rasio solvabilitas dan analisis rasio profitabilitas. Dan diharapkan pada PT KTI semakin efisien dan efektif dalam melakukan kegiatan operasionalnya.

 

Keyword : Analisis Kinerja Keuangan dalam Rangka Menilai Efisiensi dan Efektifitas pada PT TKI (Kutai Timber Indonesia) di Probolinggo

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-donnyfirma-3545-A.+Penda-n.pdf


Keywords


Analisis Kinerja Keuangan dalam Rangka Menilai Efisiensi dan Efektifitas pada PT TKI (Kutai Timber Indonesia) di Probolinggo