EVALUASI PENGENDALIAN INTERN TERHADAP SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN KARYAWAN PADA PG. RENDENG KUDUS

Ardi Indri Astanto

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PG. Rendeng Kudus dengan judul ? Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Sistem Penggajian Dan Pengupahan karyawan pada PG. Rendeng Kudus ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prosedur atas siklus penggajian dan pengupahan yang ada perusahaan; dan untuk mengevaluasi pemahaman karyawan terhadap pengendalian intern atas penggajian dan pengupahan.
Dalam penelitian ini, penulis mengadakan analisis data dengan analisis deskriptif. Dimana pengujian dalam sistem ini dilakukan dengan cara membandingkan gambaran dari suatu keadaan yang tercermin pada data yang telah dikumpulkan dengan suatu standar yang ditetapkan sebelumnya.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Mengumpulkan data penelitian dengan cara tehnik sampling.
2. Melakukan penulusuran pemahaman karyawan atas struktur pengendalian intern.
3. Melakukan pengumpulan informasi mengenai pemahaman atas lingkungan pengendalian terutama yang berhubungan langsung dengan siklus penggajiandan pengupahan karyawan tetap.
4. Melakukan pengumpulan informasi mengenai pemahaman terhadap penaksiran resiko terutama yang berpengaruh terhadap siklus penggajian dan pengupahan karyawan.
5. Melakukan pengumpulan informasi mengenai aktifitas pengendalian siklus penggajian dan pengupahan karyawan tetap
6. Memahami stuktur penggajian dan pengupahan yang diterapkan oleh perusahaan.
7. Pengujian pengendalian.
Berdasarkan hasil evaluasi terhadap sistem penggjian dan pengupahan yang diterapkan perusahaan, menunjukkan bahwa prosedur yang berkaitan langsung dengan sistem penggajian dan pengupahan di PG rendeng telah sesuai dengan prosedur kerja yang di butuhkan PG rendeng sehingga tidak diperlukan penyusunan flowcart baru mengenai sistem penggajian dan pengupahan.
Dari hasil pemeriksaan kepatuhan terhadap struktur pengendalian intern atas penggajian dan pengupahan telah dilaksanakan dengan baik yang terbukti dari nilai AUPL = DUPL dan menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern terhadap penggajian dan pengupahan pada PG rendeng adalah efektif pada tingkat kehandalan 95 % dan pada tingkat kesalahan sama dengan 1 sehingga AUPL = DUPL.
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PG. Rendeng tetap mempertahankan siklus penggajian dan pengupahan yang saat ini diterapkan agar dapat mencapai target produksi yang telah direncanakan pada awal tahun.

 

Keyword : Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Sistem Penggajian Dan Pengupahan karyawan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-ardiindria-3546-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Sistem Penggajian Dan Pengupahan karyawan