ANALISIS MODAL KERJA UNTUK MENJAGA LIKUIDITAS DAN MENINGKATKAN RENTABILITAS PADA PT. H.M. SAMPOERNA, Tbk

Shofyan Fahruddin Hasan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif yang menggambarkan tentang perkembangan kondisi keuangan perusahaan setelah dilakukan perhitungan dengan metode perputaran modal kerja, likuiditas, dan rentabilitas. Dengan judul ?Analisis Modal Kerja Untuk Menjaga Likuiditas dan Meningkatkan Rentabilitas Pada PT. H.M. Sampoerna, Tbk?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efisiensi penggunaan modal kerja yang sudah diterapkan oleh perusahaan; untuk mengkaji tingkat likuiditas dan rentabilitas pada perusahaan; dan untuk mengetahui pengaruh efisiensi modal kerja terhadap tingkat likuiditas dan rentabilitas perusahaan.
Permasalahan yang dapat dirumuskan dari penelitian ini, yaitu: apakah penggunaan modal kerja pada perusahaan sudah efisien; dan apakah tingkat likuiditas dan rentabilitas pada perusahaan sudah baik; serta bagaimana pengaruh efisiensi modal kerja terhadap tingkat likuiditas dan rentabilitas perusahaan.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif, yang meliputi: analisis perputaran modal kerja untuk mengetahui apakah penggunaan modal kerja pada perusahaan sudah efisien; analisis likuiditas untuk mengukur tingkat likuiditas perusahaan; analisis rentabilitas untuk mengukur tingkat rentabilitas perusahaan; analisis deskriptif tentang pengaruh efisiensi modal kerja terhadap tingkat likuiditas dan rentabilitas perusahaan.
Hasil analisis perputaran modal kerja adalah perputaran modal kerja dari tahun 1999 sampai 2003 selalu mengalami penurunan. Hasil analisis likuiditas dengan dengan current ratio, quick ratio, dan cash ratio rata-rata menunjukkan kenaikan setiap tahunnya. Hasil analisis rentabilitas menunjukkan bahwa dari tahun 1999 sampai 2003 rentabilitas ekonomi cenderung mengalami penurunan kecuali pada tahun 2001. Hasil analisis deskriptif tentang pengaruh efisiensi modal kerja terhadap tingkat likuiditas dan rentabilitas menunjukkan bahwa tingkat efisiensi modal kerja menurun, akan tetapi tingkat likuiditas meningkat, dan tingkat rentabilitas menurun.
Dari hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modal kerja perusahaan masih kurang efisien. Untuk tingkat likuiditas perusahaan sudah cukup baik. Tingkat rentabilitas atau kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan modal kerja yang dimiliki masih kurang baik. Pengaruh efisiensi modal kerja terhadap tingkat likuiditas dan rentabilitas menunjukkan hubungan efisiensi modal kerja dengan tingkat likuiditas adalah berlawanan, dan hubungan efisiensi modal kerja dengan tingkat rentabilitas adalah searah.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada perusahaan untuk mengadakan pengendalian kas, meningkatkan tingkat pengumpulan piutang, dan mengadakan pengendalian terhadap persediaan. Perusahaan juga harus memperbesar profit margin atau mempertinggi operating assets untuk meningkatkan rentabilitas.

 

Keyword : Analisis Modal Kerja; Likuiditas; Rentabilitas

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/71/jiptummpp-gdl-s1-2005-shofyanfah-3548-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


Analisis Modal Kerja; Likuiditas; Rentabilitas