EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN PONOROGO

Dyah Puspo Palupi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan masalah atau kondisi tanpa harus melakukan pengujian hipotesis pada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Ponorogo dengan judul ?Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pemungutan Pajak Hotel dan Restoran Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ponorogo?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sistem Pengendalian Intern terhadap pemungutan pajak hotel dan restoran sebagai salah satu sektor penunjang pendapatan daerah Kabupaten Ponorogo dan untuk memberikan gambaran kepada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Kabupaten Ponorogo mengenai Sistem Pengendalian Intern terhadap pemungutan pajak hotel dan restoran agar dapat meningkatkan pendapatan daerah.
Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif merupakan proses analisa data dengan memberikan diskriptif dengan kalimat. Analisis ini meliputi empat elemen Sistem Pengendalian Intern, yaitu struktur organisasi, Sistem Wewenang dan Prosedur, Praktek yang sehat, dan tingkat kecakapan pegawai.
Dari keempat elemen Sistem Pengendalian Intern yang dijalankan pada Dinas Pariwisata dan Seni Budaya, yang pertama adalah struktur organisasi yang memisahkan tanggungjawab fungsional secara tepat sudah sesuai dengan prinsip pengendalian. Elemen yang kedua adalah sistem wewenang dan prosedur yang cukup memungkinkan untuk pengawasan, sudah memenuhi prinsip pengendalian karena dalam pemungutan pajak sudah menjalankan sistem wewenang dan prosedur yang telah ditentukan. Elemen yang ketiga adalah praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dalam operasi juga sudah sesuai dengan prinsip pengendalian, dan elemen yang keempat adalah tingkat kecakapan pegawai sudah memenuhi standart dimana tingkat pendidikan sarjana sebanyak 54% dan SLTA sebesar 43,2%.
Berdasarkan analisis diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan Sistem Pengendalian Intern yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Seni Budaya sudah dijalankan dengan baik dan sesuai dengan prinsip pengendalian.

 

Keyword : PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN


Keywords


PEMUNGUTAN PAJAK HOTEL DAN RESTORAN