SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA PATAL GARATI PASURUAN

M. HERRY UGIHARTO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Industri Sandang Unit Patal Grati Pasuruan dengan judul ?Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Pengupahan? pada PT. Industri Sandang Unit Patal Grati Pasuruan .
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana pengendalian intern sistem pengajian dan pengupahan yang di gunakan pada PT. Industri Sandang Unit Patal Grati Pasuruan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala atau penghambat dalam pelaksanaan sistem pengajian dan pengupahan yang ada pada PT. Industri Sandang Unit Patal Grati Pasuruan. Adapun manfaat yang diharapkan dapat dijadikan masukan bagi PT. Industri Sandang Unit Patal Grati Pasuruan dalam melaksanakan sistem informasi akuntansi untuk memperoleh informasi yang cepat dan akurat.
Dalam penelitian ini, penulis menemukan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yaitu adanya perangkap tugas baik dalam sistem dan prosedur penggajian dan pengupahannya maupun dalam pendelegasian wewenang dimana fungsi tanggung jawabnya bertentangan. Masalah lain yang dihadapi yaitu kurang efektifnya pencatatan waktu hadir.
Untuk memecahkan masalah penangkapan tugas dalam sistem dan prosedur yang berdasarkan pada analisis teori yaitu dilakukannya pemisahan fungsi dimana antara fungsi dan tanggung jawabnya sesuai. Untuk pengefektifan pencatatan waktu hadir sebaiknya perusahaan membandingkan antara jam hadir dengan jam kerja sebelum dokumen tersebut digunakan sebagai dasar dalam pembuatan daftar upah.
Dari adanya pemisahan fungsi tersebut diharapkan masing-masing fungsi atau departemen dapat berkonsentrasi pada bidangnya masing-masing dan dapat dilaksanakannya sistem pengendalian intern yang baik, dan dengan adanya perbandingan antara jam hadir dengan jam kerja diharapkan daftar upah sebagai dasar pembayaran upah dapat dihandalkan kebenarannya.
Berdasarkan kesimpulan yang dikemukakan oleh penulis diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan sebagai alternatif dari pemecahan masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

 

Keyword : PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-mherryugih-4971-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN