AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENILAIAN PRESTASI MANAJER PRODUKSI PADA PERUSAHAAN Fa. SARTIMBOEL NGUNUT TULUNGAGUNG

UNGGUL SATRIA W

Abstract


Penelitian ini bersifat study kasus pada Perusahaan Fa. SARTIMBOEL Ngunut Tulungagung dengan judul ?Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Prestasi Manajer Produksi pada Perusahaan Fa. SARTIMBOEL Ngunut Tulungagung?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi pertanggungjawaban perusahaan dalam kaitannya dengan prestasi manajer produksi.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis data yaitu: Analisis Struktur Organisasi, Analisis Anggaran dan Realisasi Biaya Bagian Produksi. Analisis Klasifikasi Biaya dan Kode Rekening, Analisis Terhadap Sistem Pelaporan Pertanggungjawaban dan Analisis Terhadap Penilaian Prestasi Manajer Produksi.
Hasil dari analisis struktur organisasi adalah stuktur organisasi yang ada di Fa. Sartimboel Ngunut Tulungagung pada dasarnya telah menerapkan garis-garis tugas dan wewenang masing-masing tingkat manajemen dan telah memenuhi syarat dari akuntansi pertanggungjawaban. Untuk analisis klasifikasi biaya dan kode rekening, pemisahan biaya terkendali dan biaya tak terkendali sudah dilaksanakan sesuai dengan masing-masing bagian demikian juga dengan kode rekening. Untuk analisis anggaran dan realisasi biaya produksi, Fa. Sartimboel belum mengikutsertakan bawahan yaitu karyawan yang berada dibawah kepala bagian produksi, anggaran disusun oleh manajer produksi. Untuk analisis sistem pelaporan pertanggungjawaban masih kurang tepat karena hanya disusun oleh manajer produksi tanpa melibatkan tingkatan manajemen dibawahnya. Sedangkan hasil dari analisis terhadap penilaian prestasi manajer produksi dinilai dari segi efisiensi biaya sudah baik karena setiap tahun selisih biayanya menunjukkan selisih menguntungkan.
Dari kesimpulan diatas, penulis dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya Fa. Sartimboel Ngunut Tulungagung dalam penyusunan anggaran hendaknya pimpinan juga mengikutsertakan masing-masing bagian untuk ikut serta dalam penyusunan anggaran sehingga mereka akan lebih bertanggungjawab terhadap anggaran yang disusunnya.

 

Keyword : ALAT PENILAIAN PRESTASI MANAJER PRODUKSI

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-unggulsatr-4975-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ALAT PENILAIAN PRESTASI MANAJER PRODUKSI