PERLAKUAN AKUNTANSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN DAMPAKNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada PT. PG. Krebet Baru Malang)

NURI IRWHAN SYAH

Abstract


Penelitian ini berhubungan dengan perlakuan akuntansi sumber daya manusia dan dampaknya terhadap laporan keuangan yang diterapkan pada PT.PG. Krebet Baru Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perlakuan akuntansi sumber daya manusia dan dampaknya terhadap laporan keuangan.
Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, meliputi biaya pelatihan dan pengembangan, biaya perekrutan, dan kesejahteraan (gaji, tunjangan), yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengukuran akuntansi sumber daya manusia dengan metode yang digunakan Historical Cost Method, yang kedua pengakuan akuntansi sumber daya manusia dengan metode Rekruitment Cost, Hiring Cost, Placing Cost, dan Training Cost serta analisis biaya amortisasi, dan yang ketiga pengaruh akuntansi sumber daya manusia terhadap laporan keuangan, metode yang dipakai adalah dengan membandingkan laporan keuangan konvensional (laba rugi dan neraca).
Berdasarkan hasil analisis dapat dijelaskan bahwa perlakuan akuntansi sumber daya manusia di PT. PG. Krebet Batu Malang terdiri atas kegiatan Job Training, Technical Skill, Human Skill, pengenalan peraturan-peraturan, pengenalan ISO 14000, Leadership (Kepemimpinan), Diklat bidang personalia dan dampak perlakuan akuntansi sumber daya manusia itu sendiri dapat dilihat di dalam laporan keuangan. PT. PG. Krebet Baru Malang melaporkan laporan akuntansi sumber daya manusia yang dilaporkan secara terintegrasi dengan laporan laba rugi, yang dilaporkan sebagai komponen biaya produksi.
Sebagai kesimpulan perlakuan akuntansi sumber daya manusia dan dampaknya terhadap laporan keuangan pada PT. PG. Krebet Baru Malang, laba bersih akan menjadi lebih besar dan jumlah aktiva juga akan bertambah besar dari pada akuntan konvensional yang tidak menerapkan akuntansi sumber daya manusia, hal ini dikarenakan pada akuntansi sumber daya manusia biaya-biaya untuk sumber daya manusia itu dikapitalisasi dan diamortisasi sesuai dengan masa kerja yang diharapkan.

 

Keyword : Perlakuan Akuntansi Sumber Daya Manusia

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-nuriirwhan-4976-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Perlakuan Akuntansi Sumber Daya Manusia