ANALISIS METODE VARIABLE COSTING UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi Kasus pada PT. Pesona Remaja Malang)

PETTY HENDRIASTUTI

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT. Pesona Remaja dengan judul ?Analisis Metode variabel costing dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus?
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode variabel costing dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada PT Pesona Remaja Malang. Penelitian ini berguna sebagai bahan pertimbangan bagi manajemen perusahaan mengenai penerapan variabel costing sebagai dasar dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.
Berdasarkan data yang diperoleh dari perusahaan peneliti akan menganalisis melalui tahap-tahap sebagai berikut : (1) Penggolongan biaya berdasarkan perilakunya yaitu biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel (2) Pemisahan biaya semivariabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel dengan menggunakan metode kuadrat terkecil (least square method), (3) Menentukan harga pokok produksi perunit dengan metode variabel costing, (4) Pengambilan keputusan mengenai pesanan khusus dengan membandingkan harga pokok produksi per unit dengan harga penawaran dari konsumen.
Dari hasil perhitungan harga pokok produksi masing-masing jeans dapat turun sampai batas minimal sebagai berikut : (1) Merk AKO sebesar Rp. 42.052,64, (2) Merk CAESAR sebesar Rp. 43.529,92, (3) Merk DNAA sebesar Rp. 38.864,04. sehingga apabila ada pesanan yang harga permintaannya diatas harga pokok produksi variabel sebaiknya pesanan tersebut diterima walaupun harga permintaannya di bawah harga jual normal, karena hasil penjualan tersebut masih mampu memberikan kontribusi margin kepada perusahaan. Selain faktor biaya relevan perusahaan juga harus memperhatikan faktor-faktor lainnya seperti kapasitas produksidan daerah pemasaran produksi.
Berdasarkan abalisis diatas penelilti mengambil kesimpulan hendaknya PT. Pesona Remaja dalam mengambil keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menerapkan metode variabel costing yang daptat meminimalkan harga pokok produksi sehingga dapat mengoptimalkan laba jangka pendek perusahaan.

 


Keyword : METODE VARIABLE COSTING

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-pettyhendr-4978-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


METODE VARIABLE COSTING