ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN KERAMIK SOEKARDIE DI MALANG

Didik Setiawan

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan keramik Soekardie Malang dengan judul ? Analisis penentuan harga jual pada perusahaan keramik Soekardie Malang?.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penentuan harga jual yang diterapkan oleh perusahaan dan untuk mengetahui metode cost plus pricing dengan pendekatan kontribusi ( direct costing pricing ) yang dapat digunakan dalam penentuan harga jual.
Teknik analisa data yang penulis gunakan melalui tiga tahap yaitu tahap pertama pengidentifikasi biaya ke dalam biaya tetap, biaya variabel dan biaya semi variabel. Tahap kedua memisahkan biaya semi variabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel dengan metode kuadrat terkecil, tahap ketiga menentukan harga jual dengan metode cost plus pricing dengan pendekatan kontribusi ( direct cost pricing ).
Dari hasil perhitungan perusahaan untuk harga jual adalah jenis muk
Rp 1.850, vas bunga Rp 2.700, lampu hias Rp 4.500, pot bunga Rp 4.500, sedangkan perhitungan yang dihasilkan oleh penulis adalah jenis muk Rp 1.854,75, vas bunga Rp 2.701,60, lampu hias Rp 4.504,35, pot bunga Rp 4.506,99 maka selisih untuk harga sebesar Rp 485.226,2.
Perbedaan ini sangat mempengaruhi pihak manajemen dalam menentukan harga jual produk, karena jenis biaya merupakan unsur elemen utama dalam penentuan harga jual produk pada perusahaan keramik Soekardie Malang.

 

Keyword : PENENTUAN HARGA JUAL

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-didiksetia-4979-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


PENENTUAN HARGA JUAL