PENERAPAN CURRENT COST DALAM LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN ( STUDI PADA PT. SORINI CORPORATION YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK JAKARTA )

Moh. Yasin Firmanuddin

Abstract


Krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1997 silam masih terasa dampaknya sampai sekarang. Krisis ekonomi memacu kenaikan harga barang dan jasa yang disebut dengan inflasi. Terjadinya inflasi menambah kompleksitas analisis keuangan, karena tidak memberikan gambaran mengenai keadaan perusahaan yang sesungguhnya. Apalagi jika teknik analisis keuangan non inflasi masih digunakan, hal ini akan menimbulkan distorsi. Untuk menambah manfaat informasi akuntansi dalam hal terjadinya perubahan nilai uang maka perlu diadakan konversi laporan keuangan historical cost ke laporan keuangan yang telah disesuaikan dengan perubahan tingkat harga khusus (curent cost).
PT. Sorini Corporation adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri yang menghasilkan produk yang bahan bakunya berasal dari tepung tapioka. Produk-produk yang dihasilkan antara lain sorbitol, dextrose monohydrate, malto dextrin, dan maltose syrup yang banyak dipakai sebagai bahan baku utama dalam berbagai macam barang konsumen, seperti makanan, minuman, obat-obatan, pasta gigi, kosmetik dan lain-lain. Selama ini perusahaan tersebut menggunakan laporan keuangan historis untuk mencatat dan melaporkan segala yang berkaitan dengan kegiatan usahanya. Pada skripsi ini, akan dijabarkan perbedaan antara laporan keuangan keuangan historis dan informasi yang dihasilkan oleh laporan keuangan current cost.
Laporan keuangan yang digunakan meliputi tiga tahun. Sedangkan konsep yang digunakan adalah faktor konversi dengan menggunakan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB). Pos-pos yang perlu disesuaikan adalah pos-pos non moneter sedangkan pos-pos moneter tidak perlu disesuaikan karena telah menunjukkan nilai yang sebenarnya. Rasio-rasio yang diperoleh dari laporan keuangan historical cost diperbandingkan dengan rasio-rasio yang diperoleh dari laporan keuangan current cost
Penyesuaian terhadap laporan keuangan historical cost menjadi laporan keuangan current cost menyebabkan rasio keuangannya ada yang berbeda signifikan (rasio lancar, rasio perputaran aktiva, rasio ROA, dan rasio ROE). Rasio yang mengalami perubahan secara signifikan dapat menjadi informasi tambahan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan sehingga mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

 

Keyword : LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN; MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/100/jiptummpp-gdl-s1-2005-mohyasinfi-4980-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI INFORMASI TAMBAHAN; MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN