PENGUKURAN DAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SERTA PENYAJIANNYA DALAM LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA UKM BROSEM MALANG)

Yuli Anggoro

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Makanan Jenang apel dan Minuman Sari apel Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan Judul ?Pengukuran Dan Pelaporan Biaya Kualitas Serta Penyajiannya Dalam Laporan Keuangan pada UKM Brosem?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengukuran dan pelaporan biaya kualitas UKM Brosem serta penyajian biaya kualitas dalam laporan keuangan pada UKM Brosem di Batu Malang. Dengan begitu manajer perusahaan dapat mengambil keputusan untuk peningkatan kualitas yang lebih baik.
Alat analisis yang digunakan dengan pengukuran penjualan. Analisa tersebut diguanakan untuk mengetahui seberapa besar biaya kualitas yang dikeluarkan perusahaan dan selanjutnya dilaporkan dalam laporan keuangan. Analisa dengan menggunakan dasar pengukuran penjualan digunakan untuk mengetahui presentase biaya kualitas.
Penelitian yang digunakan bersifat studi kasus, yang merupakan penelitian langsung sesuai dengan masalah yang dibahas. Analisis yang digunakan dengan melakukan mendeskripsikan penerapan sistem kualitas yang dilakukan perusahaan. Identifikasi semua yang menyebabkan biaya kualitas, melakukan pengukuran biaya kualitas, pelaporan biaya kualitas, menyajikan biaya kualitas kedalam laporan laba-rugi.
Hasil penelitian perusahaan telah menerapkan kualitas tetapi belum melaporkan biaya kualitas. Hal tersebut dapat dilihat dari tersebarnya elemen biaya kualitas dalam biaya produksi. Presentase biaya kualitas dibandingkan data penjualan sebesar 8.8% dan penyajian biaya kualitas dalam laporan laba-rugi bagian harga pokok produksi.
Kesimpulan yang diambil UKM Brosem Malang belum melakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas pada laporan keuangan sehingga manager perusahaan belum bisa mengambil keputusan yang berkaitan dengan biaya kualitas.

 

Keyword : Biaya Kualitas; Laporan Keuangan

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/166/jiptummpp-gdl-s1-2007-yulianggor-8300-1.pendah-n.pdf


Keywords


Biaya Kualitas; Laporan Keuangan