PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN FARMASI YANG TERCATAT DI BURSA EFEK JAKARTA

Ummu Sulaemah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian empiris pada perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, dengan judul ?Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Farmasi yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti secara empiris mengenai rasio keuangan CR, TATO, DER, dan ROE secara simultan berpengaruh terhadap harga saham dan untuk menemukan bukti secara empiris mengenai rasio keuangan manakah yang berpengaruh dominan terhadap harga saham perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan adalah dengan model regresi linier berganda yang berfungsi untuk melihat pengaruh antara rasio keuangan CR, TATO, DER, dan ROE terhadap harga saham. Dengan uji hipotesis yang menggunakan uji F untuk melihat pengaruh CR, TATO, DER dan ROE terhadap harga saham secara simultan dengan kriteria jika F hitung > F tabel, maka Ho ditolak, sedangkan jika F hitung < F tabel, maka Ho diterima. Sedangkan untuk melihat adanya pengaruh antara CR, TATO, DER dan ROE secara parsial, maka digunakan uji t dengan kriteria jika t hitung > t tabel, maka Ho ditolak. Jika Ho ditolak maka ada pengaruh antara CR, TATO, DER, dan ROE terhadap harga saham dan jika Ho diterima maka tidak ada pengaruh antara CR, TATO, DER, dan ROE terhadap harga saham.
Hasil analisis dengan uji regresi menunjukkan nilai CR sebesar 0.112, nilai TATO sebesar 1.878, nilai DER sebesar -0.378, nilai ROE sebesar 0.740, serta nilai konstanta sebesar 4.603. Hasil perhitungan dari uji F menunjukkan F hitung sebesar 6.863 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2.61 dengan tingkat signifikansi 0.05 yang artinya variabel bebas yang diwakili CR, TATO, DER, dan ROE memiliki pengaruh terhadap variabel terikat harga saham. Selain itu analisis variabel menunjukkan t hitung untuk CR sebesar 0.133, t hitung untuk TATO sebesar 2.511, t hitung untuk DER sebesar 0.969, t hitung untuk ROE sebesar 2.491, dengan t tabel sebesar 1.68 yang berarti bahwa secara parsial hanya variabel TATO dan ROE yang berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham, dan variabel TATO memiliki pengaruh yang paling dominan dibandingkan CR, DER, dan ROE.
Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yang diajukan peneliti diterima karena CR, TATO, DER, dan ROE secara simultan berpengaruh terhadap harga saham. Namun hipotesis kedua yang diajukan peneliti ditolak karena TATO memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap harga saham dibandingkan CR, DER, dan ROE.
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rasio keuangan mempunyai kemampuan memprediksi harga saham, namun tidak dapat menjelaskan secara signifikan karena dari hasil analisis didapat R2 hanya sebesar 44% yang artinya pergerakan harga saham lebih banyak dipengaruhi oleh faktor diluar fundamental perusahaan (rasio keuangan) seperti aspek psikologi pasar, tingkat suku bunga, kondisi ekonomi dan faktor non fundamental lain.

 


Keyword : Rasio Keuangan; Farmasi; Harga Saham; CR; TATO; DER, ROE

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/167/jiptummpp-gdl-s1-2007-ummusulaem-8305-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Rasio Keuangan; Farmasi; Harga Saham; CR; TATO; DER, ROE