PENGARUH RASIO PEMBAYARAN DEVIDEN DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA

Yualita Rahma Fariza

Abstract


Penelitian ini merupakan studi empiris pada 5 Perusahaan makanan dan minuman yang go public di BEJ selama 6 tahun meliputi periode 1998-2003 dengan judul ?Pengaruh Rasio Pembayaran Deviden Dan Return On Investment Terhadap Harga Saham Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta?. Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis uji F dan uji t.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel deviden dan return on investment secara parsial dan serempak terhadap harga saham dan variabel manakah yang mempunyai pengaruh sangat kuat (dominan) terhadap harga saham.
Dalam penelitian ini, penulis mengambil dua hipotesis, yaitu: bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara rasio pembayaran deviden dan return on investment terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Jakarta. Dan terdapat pengaruh secara parsial antara rasio pembayaran deviden dan return on investment terhadap harga saham perusahaan makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Jakarta.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh rasio pembayaran deviden dan returnt on investment terhadap harga saham menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis uji F dan uji t. Dan uji-uji terhadap adanya gangguan pada data yang akan diuji seperti uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji linieritas.
Hasil perhitungan analisis dapat diketahui bahwa secara serempak deviden dan return on investment berpengaruh signifikan terhadap harga saham, namun secara parsial deviden dan return on investment berpengaruh signifikan positif terhadap harga saham. Dan return on investment adalah variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap harga saham.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebaiknya investor perlu memperhatikan rasio pembayaran deviden dan returnt on investment sebagai dasar pembelian harga saham. Karena kedua variabel ini yang sangat mempengaruhi tingkat harga saham.

 

Keyword : Deviden; Return on Investment (ROI)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/167/jiptummpp-gdl-s1-2007-yualitarah-8324-Pendahul-n.pdf


Keywords


Deviden; Return on Investment (ROI)