Desain Sistem Akuntansi Biaya Produksi Pada CV Citra Mentari Group

Mufti Masrur Rokhim

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada CV. Citra Mentari Group dengan judul ? Desain Sistem Akuntansi Biaya Produksi pada CV. Citra Mentari Group ?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem akuntansi biaya produksi yang diterapkan oleh CV. Citra Mentari Group dan mendesain serta meengusulkan sistem akuntansi biaya produksi yang dapat diterapkan oleh CV. Citra Mentari Group
Analisis yang dilakukan sehubungan dengan sistem akuntansi biaya produksi adalah : pertama, analisis sistem akuntansi biaya produksi yang diterapkan perusahaan yaitu, struktur organisasi perusahaan, kode rekening, dan analisis sistem dan prosedur akuntansi biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik beserta dokumen-dokumen penunjangnya. Kedua, desain sistem akuntansi biaya produksi yang dapat diterapkan oleh perusahaan yang meliputi desain struktur organisasi, desain kode rekening, dan desain sistem dan prosedur akuntansi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik beserta dokumen-dokumen yang menunjang sistem tersebut.
Hasil analisis sistem akuntansi biaya produksi yang ada menyatakan bahwa stuktur organisasi perusahaan masih belum efektif karena masih terdapat pembagian tugas dan dwi fungsi wewenang pada satu bagian, penempatan bagian, dan garis pertanggungjawaban yang kurang tepat sehingga pertanggungjawaban dari tugas-tugas pada suatu bagian menjadi tidak jelas. Sedangkan sistem akuntansi biaya produksi yang terdapat di CV. Citra Mentari Group masih belum diterapkan sepenuhnya sehingga sistem akuntansi biaya produksi tersebut belum dapat menunjukkan informasi jumlah biaya yang digunakan dalam proses produksi secara akurat. Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan sistem akuntansi biaya produksi yang memadai untuk diterapkan pada CV. Citra Mentari Group.
Berdasarkan kesimpulan diatas, maka peneliti menyarankan bahwa sebaiknya CV Citra Mentari Group perlu melakukan perbaikan terhadap sistem akuntansi biaya produksi yang ada. Selain itu, guna mendapatkan pemahaman yang mendalam dan hasil yang baik perusahaan perlu mengadakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan sistem akuntansi biaya produksi bagi karyawan.

 


Keyword : Sistem akuntansi biaya produksi; biaya bahan baku; biaya tenaga kerja langsung; biaya overhead pabrik

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/169/jiptummpp-gdl-s1-2007-muftimasru-8415-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Sistem akuntansi biaya produksi; biaya bahan baku; biaya tenaga kerja langsung; biaya overhead pabrik