ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DU PONT SYSTEM PADA PT BUMI RESOURSE Tbk DAN PT MEDCO ENERGI INTERNASIONAL Tbk DI BEJ

WAWAN WIJANARKO

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada PT Bumi Resourse Tbk dan PT Medco Energi Internasional Tbk dengan judul ?Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Du Pont System Pada PT Bumi Resources Tbk dan PT Medco Energi Internasional Tbk Di BEJ?.
Tujuan penelitian ini untuk Mengukur kinerja keuangan pada PT Bumi Resources Tbk dan PT Medco Energi Internasional Tbk dengan menggunakan metode Du Pont System.
Teknik analisis yang digunakan berupa metode kuantitatif, yaitu dengan melakukan perhitungan yang relevan terhadap masalah yang diteliti pada PT Bumi Resources Tbk dan PT Medco Energi Internasional Tbk.
Hasil dengan menggunakan teknik analisis tersebut menyimpulkan bahwa Secara cross section Return On Invesment (ROI) PT. Medco Energi Internasional Tbk pada tahun 2002 dan 2003 lebih baik dari pada PT. Bumi Resource Tbk karena memiliki ROI yang lebih besar yang disebabkan oleh Net Profit Margin yang tinggi, sedangkan pada tahun 2004 PT. Bumi Resources Tbk memiliki kinerja keuangan atau Return On Invesment (ROI) yang lebih baik yang disebabkan oleh Total Asset Turnover yang cepat yang dipengaruhi oleh penjualan yang lebih besar. Kalau dilihat secara time series PT. Bumi Resource Tbk memiliki kinerja yang lebih baik dari pada PT. Medco Energi Internasional Tbk karena kinerja keuangan atau ROI pada PT. Bumi Resource Tbk mengalami peningkatan pada tahun 2003 ke 2004 sedangkan pada PT. Medco Energi Internasional Tbk mengalami penurunan terus setiap tahun. Pada PT. Bumi Resources Tbk faktor dominan yang mempengaruhi naik turunnya tingkat kinerja atau ROI adalah sama-sama dipengaruhi oleh Net Profit Margin sedangkan pada PT. Medco Energi Internasional Tbk, penurunan tingkat kinerja atau ROI dipengaruhi oleh Net Profit Margin pada periode pertama sedangkan pada periode kedua lebih dipengaruhi oleh Total Asset Turnover.
Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti dapat mengimplikasikan bahwa sebaiknya PT. Bumi Resources Tbk lebih bisa meningkatkan Net Profit Margin cara meningkatkan penjualan dan menekan tingkat pengeluaran sedangkan pada PT. Medco Energi Internasional Tbk perlu meningkatkan Total Asset Turnover dengan cara meningkatkan penjualan dan memanfaatkan sumber-sumber ekonomis perusahaan secara efisien agar dapat menghasilkan laba yang maksimal sehingga tingkat kinerja keuangan (ROI) akan lebih baik.

 

Keyword : Kinerja keuangan, metode Du Pont System

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/183/jiptummpp-gdl-s1-2007-wawanwijan-9127-Pendahul-n.pdf


Keywords


Kinerja keuangan; metode Du Pont System