PERENCANAAN PAJAK PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI KASUS PADA TOKO PAKAN BURUNG?BUDI? DI MALANG)

RIANI RATNA YUNI PURNANINGTIAS

Abstract


Penelitian ini merupakan studi kasus pada Toko Budi dengan judul ? Perencanaan Pajak Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (studi Kasus Pada Toko Pakan Burung ?Budi?di Malang).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme pembayaran pajak yang dilakukan oleh toko Budi dan apakah telah melaksanakan pajak dengan benar dan apakah toko Budi belum melakukan perencanaan pajak, dan juga belum pernah melakukan pembukuan.
Dari hasil penelitian bahwa toko Budi belum melakukan pembukuan serta membuat laporan keuangan dengan demikian toko Budi tidak pernah melakukan perencanaan pajak. Dari analisis data tersebut pajak yang dikeluarkan pada tahun 2004 sebelum perencanaan pajak sebesar Rp 2.821.000 dan pada saat setelah perencanaan pajak sebesar Rp 1.525.500 dari perencanaan pajak kita dapat menghemat pajak sebesar Rp 1.295.500 dan pada tahun 2005 pajak yang dikeluarkan sebelum perencanaan pajak sebesar Rp 2.821.000 dan pada saat setelah perencanaan pajak sebesar Rp 1.525.500 dari perhitungan tersebut maka pemilik toko dapat menghemat pajak sebesar Rp 1.295.500. Maka dari itu jika kita merencanakan pajak terlebih dahulu maka pajak yang kita keluarkan akan jauh lebih kecil dari pajak sebelum perencanaan pajak.
Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis menyarankan sebaiknya toko Budi menerapkan perencanaan pajak yang tepat untuk meminimalkan angsuran pajak yang akan dikeluarkan.

 


Keyword : perencanaan pajak

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/183/jiptummpp-gdl-s1-2007-rianiratna-9128-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


perencanaan pajak