PENGARUH REVALUASI AKTIVA TETAP BERWUJUD TERHADAP PAJAK PENGHASILAN BADAN PADA PT. WIJAYA KARYA BETON

RULLY WALUN DYATMOKO

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus pada PT. Wijaya Karya Beton dengan judul ?Pengaruh Revaluasi Aktiva Tetap Berwujud Terhadap Pajak Penghasilan Badan pada PT. Wijaya Karya Beton?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh revaluasi aktiva tetap berwujud terhadap pajak penghasilan badan pada PT. Wijaya Karya Beton.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu tekni pengumpulan data dengan cara melihat dan mendokumentasikan bukti-bukti yang dibutuhkan berupa dokumentasi dari perusahaan.
Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh revaluasi aktiva tetap berwujud terhadap pajak penghasilan badan antara lain: laporan keuangan yang berupa neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan serta daftar aktiva tetap yang dimiliki perusahaan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, revaluasi aktiva tetap yang dilakukan PT. Wijaya Karya Beton terhadap pajak penghasilan badan menguntungkan karena pajak penghasilan badan yang harus dibayar berkurang sehingga beban perusahaan dalam membayar pajak penghasilan badan berkurang.
Berdasarkan kesimpulan di atas, peneliti mengimplikasikan bahwa perusahaan sebaikanya melakukan revaluasi karena pajak penghasilan badan berkurang akibat dari meningkatnya total beban penyusutan aktiva tetap sehingga perusahaan dapat melakukan penghematan pajak.

 

Keyword : Revaluasi, Pajak Penghasilan Badan, Aktiva Tetap

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/183/jiptummpp-gdl-s1-2007-rullywalun-9132-Pendahul-n.pdf


Keywords


Revaluasi; Pajak Penghasilan Badan; Aktiva Tetap