RASIO CAMEL UNTUK MENGUKUR KESEHATAN BANK PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH BUMI RINJANI BATU

Nita Risky Pandhu Renata

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu dengan judul ?Rasio CAMEL Untuk Mengukur Kesehatan Bank Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu?.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengukur kesehatan bank menggunakan rasio CAMEL, sehingga dapat diketahui kesehatan PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu periode 2003 sampai 2005. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan khususnya laporan neraca dan laba/rugi. Selain laporan keuangan, data lain yang digunakan adalah hasil daftar pertanyaan/pernyataan manajemen yang di keluarkan oleh Bank Indonesia.
Pengukuran rasio CAMEL terdiri dari lima aspek yaitu aspek permodalan (Capital Adequacy Ratio), kualitas aktiva produktif (Return On Risked Asset), manajemen (Manajemen umum dan Risiko), rentabilitas (Return On Assets dan Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional) dan likuiditas (Cash Ratio dan Loan Deposit Ratio).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara umum PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu mempunyai kinerja yang baik. Pada aspek permodalan yang dinilai menggunakan CAR selalu berada diatas batas minimum yang telah ditetapkan Bank Indonesia yaitu 8%. Aspek kualitas aktiva produktif diukur menggunakan RORA menunjukkan bank berusaha menjaga kualitas aktiva produktifnya. Aspek manajemen BPRS Bumi Rinjani Batu mengalami penurunan predikat dari sehat menjadi cukup sehat. Hal tersebut menunjukkan bahwa bank belum mengelola dengan maksimal. Pada aspek rentabilitas bank memiliki kemampuan meningkatkan laba, sedangkan aspek likuiditas menunjukkan bahwa penurunan kinerja namun masih dalam kategori sehat.
Berdasarkan hasil perhitungan seluruh aspek CAMEL, maka PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu dinyatakan dalam kondisi sehat. Hal tersebut dapat dilihat dari total nilai yang diperoleh dari tahun 2003 sebesar 86,4, tahun 2004 menjadi 92,3 dan tahun 2005 sebesar 94.

 

Keyword : Rasio CAMEL, Kesehatan Bank, Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS)

 

Link Terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/184/jiptummpp-gdl-s1-2007-nitariskyp-9155-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Rasio CAMEL; Kesehatan Bank; Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS)